Website counter

Selasa, 31 Januari 2012

Pengorbanan

Baca : Kejadian 44 : 18 – 34
Oleh sebab itu, baiklah hambamu ini tinggal menjadi budak tuanku menggantikan anak itu, dan biarlah anak itu pulang bersama-sama dengan saudara-saudaranya. (Kejadian 44 : 33)

Pengorbanan adalah kita memilih untuk tidak melakukan sesuatu yang baik demi melakukan sesuatu yang lebih baik. Contohnya kita tahu tidur yang cukup itu baik untuk kesehatan, namun kita mengurangi tidur kita demi menjaga anak yang sakit. Kita tahu memberikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga itu baik, namun kita memilih untuk mengunjungi teman yang sedang kesusahan. Kita tahu berteman dengan orang sombong itu memanaskan hati, namun kita memilih tetap menemaninya karena kita ingin dia menjadi rendah hati.

Ada banyak pengorbanan yang dilakukan Tuhan dan manusia, salah satunya kisah pengorbanan Yehuda. Ulah Yusuf (ayat 1) membuat para saudaranya terpaksa kembali ke Mesir karena pialanya kedapatan ada di karung Benyamin. Saat sampai di rumah Yusuf, mereka mendapati kenyataan bahwa Benyamin harus dihukum menjadi budak dengan tuduhan mencuri piala (ayat 17). Yehuda tahu anak dan istrinya di rumah menantikan kedatangannya, namun ia memilih mengorbankan dirinya untuk mengantikan posisi adiknya karena tahu Benyamin sangat berharga bagi Yakub. Yehuda tahu Yakub bisa mati karena sedih (ayat 31) kalau Benyamin tak pulang, sehingga ia mengorbankan perasaan dan tubuhnya untuk menjadi budak.

Tuhan dan sebagian tokoh dalam Alkitab sudah melakukan pengorbanan. Tuhan mengorbankan Anaknya karena Dia tahu itulah yang terbaik untuk kita. Kita bisa hidup sampai hari ini karena ada banyak orang rela berkorban bagi kita dari kita bayi sampai sekarang. Sudahkah kita berkorban untuk orang-orang yang terkasih? Untuk membuktikan kasih, dalam prakteknya kita harus berkorban. Mari terus berkorban untuk Tuhan dan sesama sebagai bukti kita membalas pengorbanan Tuhan dan sesama yang sudah lebih dahulu mengasihi kita. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku mau berkorban untuk orang-orang yang aku kasihi?
Aplikasi          : Berkorbanlah untuk membuktikan kita memang mengasihi.
Doa                : Kuatkan aku Tuhan agar mampu berkorban bagi orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar