Website counter

Jumat, 27 Januari 2012

Hidup Seimbang

Baca : I Timotius 6 : 2b – 10
Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. (I Timotius 6 : 6)

Dalam tubuh kita terdapat sel darah merah dan sel darah putih yang disebut leukosit. Meskipun sel darah merah jumlahnya lebih banyak dan leukosit lebih sedikit, leukosit memiliki peran yang sama pentingnya dengan darah merah. Leukosit memiliki beberapa fungsi, yaitu menelan bakteri dan menghancurkannya, mengeluarkan zat yang mencerna dan melunakkan jaringan yang mati dan membentuk nanah, melawan infeksi, mengelilingi material seperti kotoran dan mencegahnya agar tidak berhubungan dengan sel tubuh yang sehat. Walau penting, leukosit tak boleh lebih banyak daripada sel darah merah karena mereka bisa tumbuh menjadi sel yang tidak sehat dan justru merusak sel darah merah. Akibatnya tubuh mengalami leukemia atau kanker darah, yang bisa berujung pada kematian.

WANITA, uang memang penting bagi kita semua. Pangkat dan kedudukan pun adalah sesuatu yang penting. Kita tak bisa memungkiri bahwa uang yang menunjang segala aktifitas dan keinginan kita. Membayar perpuluhan, membayar sekolah anak, membeli barang ini dan itu, atau membayar biaya rumah tangga, semuanya memakai uang. Tak salah pula bila kita bekerja keras agar mendapatkan pangkat atau kedudukan yang lebih baik dalam perusahaan tempat kita bekerja. Uang, jabatan, dan pangkat memang penting, namun itu tidak boleh lebih besar daripada cinta kita kepada Tuhan. Sebagian orang hari ini terjebak dalam hutang kartu kredit, korupsi, atau jatuh dosa dalam masalah seksual, karena mereka ″membesarkan″ uang, jabatan, dan pangkat. Namun disisi lain mereka mengecilkan hubungan dengan Tuhan. Akibatnya walaupun uang mereka berlimpah-limpah, punya rumah mewah, atau pasangan hidup yang luar biasa secara hitungan dunia, mereka tak mengalami damai sejahtera dan jatuh dalam berbagai-bagai dosa.

WANITA, Tuhan tahu kita semua butuh uang, namun jangan pernah jadikan uang sebagai tuan kita. Mari belajar mencukupkan diri seperti nasehat Paulus karena kita datang ke dunia dan kelak pergi dari dunia tak membawa apa-apa. Hiduplah dengan seimbang sehingga selama menjalani hidup di dunia kita selalu mengalami damai sejahtera dan tak berkekurangan. Jadilah tuan atas uang, bukan menjadi hamba uang. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 26 January 2012
Pertanyaan     : Apakah aku belajar mencukupkan diri?
Aplikasi          : Jadilah tuan atas uang, bukan menjadi hamba uang.
Doa                : Tuhan, ajar aku agar bisa mengendalikan uangku dan keinginanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar