Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Tidak Bisa Memilih

Baca : Yakobus 2 : 1 – 13
Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. (Yakobus 2 : 11)

Pada hari minggu setelah ibadah, saya menyempatkan diri pergi ke Pasar Johar Semarang untuk membeli sepatu. Saya kunjungi satu demi satu kios yang ada dan mulai memilih-milih mana sepatu yang cocok dengan selera saya. Setelah ketemu yang cocok, saya melakukan tawar menawar dengan si penjual. Bila harganya tidak cocok, saya pergi ke kios lain dan melakukan hal yang sama. Akhirnya sepasang sepatu yang sesuai selera dan harga yang saya mau terbeli. Saya kini punya sepatu baru yang oke punya dengan harga pas dikantong.

WANITA, kita berhak memilih barang atau harga yang mau kita beli sesuai selera, namun kita tidak punya pilihan saat melakukan Firman Tuhan. Kita tak bisa melakukan perintah A namun mengabaikan perintah B. Misalnya kita tidak pernah membunuh orang, namun kita suka berbohong. Atau kita selalu aktif dalam kegiatan gereja, namun tak pernah ada waktu buat berkumpul bersama keluarga. Saat kita menjadi murid Yesus, kita harus mau melakukan semua perintah Tuhan tanpa kecuali, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau. Kita tak punya hak memilih hanya melakukan Firman Tuhan yang cocok dengan selera kita dan tidak mau melakukan firman yang menusuk kedagingan dan membuat kita harus berkorban.

Firman Tuhan adalah satu paket sehingga kita harus sungguh-sungguh melakukan semua perintah Tuhan dalam satu paket itu meski ada beberapa perintah yang secara daging membuat kita harus bergumul. Kalau kita mau terima Firman Tuhan yang memberkati hidup kita, sudah seharusnya kita pun mau mau melakukan firman yang menuntut kita membuang hal-hal negatif yang selama ini menghambat kita bertumbuh, baik secara rohani maupun jasmani. Turutilah semua hukum Tuhan tanpa kecuali. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 27 Maret 2013
Doa                 : Tuhan, bantu aku mentaati seluruh firman-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar