Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Diuji untuk Naik

Baca : Matius 4 : 1 – 11
Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. (Matius 4 : 1)

Setiap kali sakit, tubuh kita secara alami berusaha melawan penyakit yang menyerang tubuh kita. Setelah itu, tubuh berusaha membentuk antibodi sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan kebal akan bibit penyakit tersebut di kemudian hari. Setahun yang silam, seorang kawan saya meminta karunia agar mampu memimpin. Beberapa hari kemudian setelah berdoa, ia didaulat bapak pendeta untuk memimpin group usher. Saat itulah masalah datang silih berganti. Mulai dari konflik saat pembagian tugas, ada anggota yang mengundurkan diri dan keluar dari gereja, sampai komplain jemaat yang merasa kepemimpinannya tidak becus. Ada saat-saat di mana ia ingin mundur, namun ia memilih tetap bertahan. Hasilnya, kini ia menjadi pemimpin yang cakap. Di kantornya, ia pun naik jabatan menjadi supervisor yang membawahi beberapa orang marketing.

Girls, hal yang sama berlaku dalam hal karunia. Saat kita memperoleh satu karunia baru, tak jarang kita akan diperhadapkan dengan masalah yang akan menguji imanmu. Misalnya kamu minta diberi karunia sabar dan bisa mengampuni. Tuhan pasti berikan karunia itu sekaligus berikan ujiannya. Mungkin kamu akan dimusuhi orang yang kamu sayangi dengan berbagai alasan, mungkin kamu akan dibuat marah karena masalah-masalah sepele yang dilakukan rekan-rekanmu, atau kamu ditantang untuk minta maaf lebih dahulu kepada orang yang membuatmu kesusahan. Kalau Tuhan Yesus aja diuji sampai tiga kali oleh Iblis setelah menerima karunia Roh Kudus yang turun seperti burung merpati ke atasNya, jangan mengeluh kalau kamu pun saat ini ngalami ujian. Ujian akan menunjukkan seberapa serius kamu menghargai karunia yang Tuhan berikan dan akan membuatmu makin kuat secara karakter. Ujian akan membuatmu tahu seberapa kualitas dirimu dan menentukan apakah kamu seorang pemenang atau pecundang atas masalah.

Ujian hidup adalah hal yang lumrah kita alami, sehingga jangan patah semangat dan merasa Tuhan itu jahat karena memberikan kita banyak masalah. Kuatkan diri dan jadilah pemenang atas masalah dengan berespon secara positif. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Rabu, 20 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar