Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Sadar Diri

Baca : I Raja-raja 8 : 22 – 53
… maka Engkau kiranya mendengarkan di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, kepada doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka. (I Raja-raja 8 : 49)

Apa itu belajar tentang kesadaran? Belajar tentang kesadaran adalah ketika kita sedang bekerja, kita benar-benar sadar kita sedang bekerja. Ketika sedang beribadah, kita benar-benar sadar sedang beribadah. Saat keuangan sedang krisis, kita benar-benar sadar bahwa keuangan sedang krisis. Saat kita tak mampu membeli sesuatu, kita benar-benar sadar tak mampu membeli. Ketika kita sedang melakukan apa pun, kita benar-benar sadar bahwa kita sedang melakukannya. Atau ketika kita sedang memikirkan atau merancang apa pun, kita benar-benar sadar bahwa kita sedang memikirkan atau merancangkannya.

Ketika Salomo berdoa di depan mezbah Allah, Salomo meminta kepada Tuhan agar senantiasa peduli kepada rakyat Israel. Dalam doa-doanya, Salomo pun meminta rakyat Israel untuk sadar diri bahwa negara mereka kuat dan tanah tempat mereka tinggal sangat subur karena anugerah Tuhan, bukan karena kuat atau gagah mereka. Alkitab mencatat bangsa Israel adalah bangsa yang kerap tidak sadar bahwa Tuhan yang membuat mereka berkelimpahan dan aman. Saat mereka tidak sadar, mereka berpaling pada ilah lain sehingga Tuhan terpaksa menghajar mereka dengan kirimkan bangsa-bangsa di sekitarnya untuk menjajah dan membuat mereka sadar dan kembali pada Tuhan.

Apakah saat ini kita sadar diri dalam melakukan segala sesuatu, sehingga Tuhan tak perlu menghardik kita dengan keras karena melakukan sesuatu yang bertentangan dengan mau-Nya? Sadar diri akan keadaan diri sendiri akan membuat kita tidak sembarangan bertindak dan selalu mengandalkan Tuhan dalam apapun tindakan yang akan kita lakukan. Hari ini ada sebagian orang yang tidak sadar diri dalam bertindak sehingga mereka menyesal di kemudian hari. Tuhan sudah sangat mengasihi kita, marilah kita selalu menyadari kasih-Nya itu dengan selalu sadar diri bahwa kita mahluk kecil dan lemah. Hidup kita akan jauh lebih bermakna saat kita sadar akan apa pun konsekuensi dari segala perbuatan kita. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 21 Maret 2013
Doa                 : Tuhan, ajar kami selalu sadar diri akan siapa sejatinya kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar