Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Respon yang Berbeda

Baca : Matius 5 : 43 – 48
Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? (Matius 5:46)

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada akhir bulan Maret 2011, saya sengaja menolong seorang ibu-ibu tua yang berjualan makanan ringan dengan membeli satu bungkus makanannya  dihadapan teman-teman saya. Ketika saya sudah membeli makanan itu dan ibu-ibu tua itu pergi. Teman-teman saya memberikan respon yang berbeda-beda. Ada yang berkata saya orangnya mengasihi, ada yang berkata saya orangnya sok baik dan cari muka, ada orang yang berkata buang-buang duit aja buat beli barang yang nggak perlu, ada yang berkata saya calon penderma masa masa depan, dll. Ada respon yang positif ada pula yang negatif.

Sahabat ReMa, saat mengingat kejadian itu, saya mendapat pelajaran berharga bahwa apapun yang kita perbuat akan mendapat respon yang berbeda-beda tergantung dari siapa yang memberikan respon. Entah kita berbuat baik atau buruk, orang bisa menilai tindakan kita positif atau negatif. Kita bahagia bila ada orang memberikan respon baik untuk memberikan kebaikan yang sudah kita perbuat, namun bagaimana reaksi kita jika orang memberikan respon sinis atau menganggap kita sok baik, padahal kita tulus mengasihi? Memang rasanya tidak enak saat orang memandang negatif kasih yang kita berikan. Namun mari kita belajar dari cara Tuhan mengasihi semua mahluk ciptaan-Nya. Tuhan selalu memberikan sinar matahari maupun air hujan, yang sama untuk semua orang. Tuhan tak pernah pilih kasih dalam memberkati manusia, sehingga hendaknya kita pun selalu mengasihi senantiasa walaupun tidak selalu kita menerima respon yang baik.

Kalau saat ini menjelang tidur, perasaan kita tidak nyaman karena mendapat penolakan atau respon negatif dari perbuatan baik yang sepanjang hari ini kita lakukan, berdoalah mohon kelegaan pada Tuhan. Jangan pernah berhenti berbuat baik hanya karena mendapat respon negatif. Tetaplah memberkati dan mengasihi semua orang yang Tuhan ijinkan bertemu dan bisa kita bantu, dan jaga hati kita untuk selalu tulus dalam mengasihi. Tuhan setiap hari selalu mengasihi semua ciptaan-Nya tanpa hitung-hitungan, marilah kita melakukan hal yang sama. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Malam – Minggu, 24 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar