Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Mau Menanggung

Baca : I Korintus 13 : 1 – 13
Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. (I Korintus 13 : 7)

Bulan lalu, orangtua salah seorang rekan saya sakit dan membutuhkan transfusi darah sebanyak dua kantong. Rekan saya bergegas pergi ke PMI untuk meminta darah. Saat PMI berkata ia harus mencari pendonor dua orang untuk darah yang ia minta, ia pun mau repot meminta bantuan rekan-rekannya untuk donor. Setelah darah dua kantong didapat, beberapa hari kemudian ia harus cari dua kantong darah lagi di tengah malam karena kondisi orangtuanya drop. Ia tetap mau direpotkan. Pekerjaannya pun mau tak mau kacau karena ia kelelahan dan sering izin pergi keluar demi menjaga orangtuanya sekaligus mengurusi aneka biaya dan obat-obatan.

Salah satu bukti kita mengasihi seseorang adalah kita sabar menanggung segala sesuatu. Seorang bapak rela menjual seluruh hartanya demi kesembuhan anaknya yang menderita leukemia, seorang anak rela menghabiskan seluruh gajinya agar bisa memenuhi nafkah kedua orangtuanya yang kena stroke. Seorang kekasih rela begadang menunggui pacarnya yang terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Sekarang kembali ke diri kita masing-masing, sudahkah aku mengasihi Tuhan? Banyak orang hari ini bisa kelihatan sungguh-sungguh saat bernyanyi atau berkata aku mengasihi. Kasih yang sejati tidak hanya sebatas kata-kata, namun harus dibarengi tindakan. Kalau kita berkata mengasihi si A atau si B, namun saat orang itu mengalami kesusahan kita berpangku tangan dengan alasan aku saja berkekurangan sehingga tak sanggup membantu dia, itu artinya kita tidak mengasihi. Kalau kita berkata aku mengasihi Tuhan, namun saat melihat saudara atau rekan kita susah, kita masa bodoh, kita sebetulnya tidak mengasihi Tuhan namun hanya mengasihi diri sendiri.

Kita rela berkorban berbagai hal tentu dengan harapan orang yang kita kasihi hidupnya menjadi lebih baik. Tuhan sudah membuktikan kasih-Nya pada kita dengan mati dan menebus seluruh dosa kita. Buktikan kita meneladani Tuhan dengan rela bersusah-susah dan mengeluarkan banyak biaya untuk orang-orang yang kita kasihi saat mereka kesusahan dan justru membuat kita merugi. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Minggu, 24 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar