Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Satu Titik Satu Iota

″Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.″ (Matius 5 : 18)

Profesional, cara kita melakukan gerakan dalam renang sangat menentukan seberapa bagus hasilnya. Kalau tidak percaya, cobalah berenang dengan posisi jari terbuka, hasilnya jauh berbeda bukan? Pelatih renang Daniel Chambliss mengatakan bahwa atlet renang kelas dunia selalu memperhatikan hal-hal paling kecil dalam gerakan renang dan melatihnya secara konsisten. Lebih lanjut dia berkata, ″Renang adalah renang, semuanya sama saja. Mungkin kita bisa mengatakan begitu. Namun jika Anda berenang secara sembrono dengan gerakan keliru, maka tidak peduli seberapa pun semangat Anda berlatih, Anda tidak akan pernah menjadi atlet yang hebat.″

Hal-hal kecil bisa membuat perbedaan besar. Contoh mudahnya bangun tidur tepat waktu. Banyak di antara kita disiplin bangun pagi sehingga memiliki waktu yang efisien untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga, ketemu teman, mengambil kursus setelah pulang kerja, atau melakukan pekerjaan sambilan. Di sisi lain ada juga yang seenaknya bangun tidur, sehingga kerap terlambat masuk kantor. Akibatnya ia bekerja gugup dan banyak waktunya terbuang sia-sia hanya gara-gara tidak disiplin bangun tidur.  Jika Anda ingin sukses dalam bidang apapun yang Anda rintis saat ini, jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil. Termasuk meluangkan waktu sekitar 10 – 15 menit menyiapkan rencana kerja.

Profesional, Sebelum kita menyebut diri sendiri seorang profesional, mari koreksi diri. Sudahkah saya mengupayakan yang terbaik untuk pekerjaan yang saya kerjakan sekarang, termasuk hal-hal paling kecil sekalipun? Siapa setia dalam perkara kecil, ia juga setia dalam perkara besar. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Profesional – Minggu, 10 Maret 2013
Doa                 : Bapa, Bantu kami untuk selalu menghargai hal-hal kecil yang setiap hari kami temui sehingga pekerjaan kami selesai dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar