Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Cuma Bonus

Baca : Yohanes 6 : 25 – 59
Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang. (Yohanes 6 : 26)

Awal bulan September lalu saya donor darah di PMI. Karena tahun 2012 ini sudah tiga kali donor, saya dapat hadiah kaos. Saya pasang foto kaos itu di wall FB saya untuk memotivasi rekan-rekan saya untuk donor juga. Hasilnya beberapa rekan tertarik untuk donor karena pengen dapat kaos yang menurut mereka bagus. Padahal, kaos itu hanya bonus. Tujuan utama saya donor adalah agar badan sehat, menolong sesama, dan secara tidak langsung cek up kesehatan gratis.

Girls, apa sih tujuan utama kita jadi seorang Kristen? Apakah supaya diberkati Tuhan dengan kesehatan, kekayaan, pekerjaan, jodoh, dan berbagai hal lainnya? Apakah supaya hidup kita jauh lebih mudah dan orang melihat kita sebagai sosok yang baik karena kita Kristen? Tujuan utama kita jadi Kristen adalah mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (Matius 6 : 33). Setelah jadi Kristen, kita pun wajib memberitakan Injil (Matius 28 : 16 – 20). Sayangnya, ada sebagian orang justru lebih sibuk mengejar bonus yang Tuhan janjikan. Kita giat pelayanan, giat bekerja, giat ini giat itu demi memenuhi kebutuhan hidup, namun malas kalau disuruh menginjil. Malas untuk mempraktekkan kebenaran FirTu. Hasilnya, kita kecewa saat Tuhan tak berikan apa yang kita mau, sama seperti yang dialami orang banyak yang menemukan Yesus disebrang laut. Mereka mencari Yesus bukan karena telah melihat tanda-tanda, namun karena telah makan roti. Artinya mereka ikut Yesus karena hanya berharap berkat jasmani-Nya, namun tidak mempedulikan misi Yesus yang lebih besar yaitu memberikan hidup kekal kepada mereka. Saat Yesus tantang mereka percaya kepada-Nya dan hidup seturut kehendak-Nya, segera mereka meributkan silsilah-Nya. Ujung-ujungnya mereka mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia (ayat 66).

Yuk, koreksi diri, apakah selama ini aku hidup hanya untuk mengejar bonusnya Tuhan, atau aku hidup untuk mendapatkan hidup kekal di sorga dan membawa sebanyak mungkin orang ke sorga? Jangan sia-siakan hidup hanya untuk mengejar hal-hal yang duniawi. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Kamis, 21 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar