Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Guide Sehari

Baca : II Raja-raja 5 : 1 – 27
Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya." (II Raja-raja 5 : 3)

Pada akhir bulan Desember, beberapa saudara dari Cirebon berkunjung ke Semarang dan menginap di tempat saya. Dalam kesempatan itu mereka meminta saya menemani mereka jalan-jalan keliling Semarang dan dengan senang hati saya menemani mereka. Saya ajak mereka pergi ke beberapa tempat wisata dan menikmati makanan khas Semarang, tak lupa juga acara foto-foto. Mereka sangat antusias dan semangat menikmati wisata sehari itu dan saya pun gembira karena sudah membuat mereka menikmati liburan. Saat mereka pulang, mereka berterima kasih kepada saya karena sudah mau meluangkan waktu menemani dan menceritakan berbagai seluk beluk tempat wisata yang kami kunjungi.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, bagaimana respon Anda saat ada orang yang bertanya-tanya apa sih Kristen itu, apa enaknya jadi Kristen, atau bertanya mengapa Anda mau jadi Kristen? Apakah Anda risih, atau dengan semangat menceritakan apa itu Kristen? Semangatlah kalau ada orang non Kristen bertanya dan ingin tahu karena itu peluang Anda memenangkan jiwa buat Tuhan. kalau kita baca kisah anak perempuan dari negeri Israel yang menceritakan tentang Elisa kepada istri tuannya, efek dari ceritanya bisa membuat Naaman dimenangkan. Naaman yang semula sama sekali tidak percaya Tuhan dan menyembah berhala, kini menjadi percaya dan takut akan Tuhan (ayat 18). Alkitab tak pernah mencatat nama anak perempuan ini dan perannya pun terkesan sangat sepele, namun membuat seisi rumah tuannya bersukacita.

Jangan pernah remehkan perkataan Anda saat menceritakan siapa Yesus itu atau apa itu Kristen kepada orang-orang percaya karena sangat besar kemungkinan mereka dimenangkan. Jangan pernah biarkan orang yang sedang mencari kebenaran firman Tuhan tidak menemukan kebenaran firman itu karena kita malas atau takut bercerita. Jangan segan menceritakan bagaimana kebenaran firman Tuhan terjadi dalam kehidupan Anda sehari-hari dan hal-hal apa saja yang telah Tuhan ubahkan dalam hidup Anda. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Rabu, 27 Maret 2013
Doa                 : Tuhan, berkati mulut kami agar semangat menceritakan kebenaran firman-Mu kepada siapapun yang menanyakannya kepada kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar