Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Bukan Beban

Baca : I Korintus 13 : 1 – 13
Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. (I Korintus 13 : 7)

Ada seorang anak lelaki kurus berjalan sambil menggendong adiknya yang lumpuh di punggungnya.  Melihat itu, seseorang berkomentar prihatin; "Kasihan kau nak. Bebanmu pasti berat!" Lalu anak itu menjawab secara spontan ; "Dia bukan beban buat saya pak, dia ini saudaraku!". Itulah ilustrasi dibalik lirik lagu pop karangan Bobby Scott dan Bob Russel; "He Ain't Heavy, He's My Brother."

Apakah kekuatan terbesar di dunia? Kasih. Sering kita dibuat kagum oleh beberapa orang yang secara sumber daya sebetulnya tidak mungkin sanggup menanggung bebannya, namun ia sanggup karena memiliki kasih. Karena kasih, orangtua saya yang penghasilannya pas-pasan mampu membiayai kuliah ketiga anaknya. Karena kasih, seorang suami rela menghabiskan seluruh hartanya demi kesembuhan istrinya yang sakit kanker, sekalipun dokter berkata tidak ada harapan. Karena kasih, seorang ibu sanggup menahan lapar demi merelakan makanannya dimakan oleh anaknya. Karena kasih, salah satu orangtua dari teman saya rela menjual kerbau yang merupakan satu-satunya aset mereka untuk bertani demi membeli motor yang diminta anaknya. Karena kasih, Tuhan rela Anaknya disalibkan untuk menebus dosa kita semua. Bagi orang yang tidak mengasihi orang tertentu karena dia bukan keluarganya atau bukan sahabatnya, dia melihat itu adalah beban. Namun bagi orang yang mengasihinya, itu bukan beban melainkan tanggung jawab.

Semua hal, bahkan hal yang ringan sekalipun, akan terasa berat kalau dilakukan dengan tidak niat atau terpaksa. Namun segala sesuatu, bahkan hal yang sangat berat sekalipun, akan terasa ringan dan menyenangkan kalau dilakukan dengan kasih. Mari kita mengawali hari ini dengan penuh kasih dan semangat, sehingga kita sanggup menanggung segala tantangan yang ada. Iman, pengharapan, dan kasih adalah hal yang wajib kita miliki, namun yang paling besar adalah kasih. Lakukan segala kegiatan kita hari ini dengan kasih sehingga tidak ada hal yang terlalu sulit atau berat untuk kita jalani. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Woman – Kamis, 14 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar