Website counter

Minggu, 31 Maret 2013

Menghargai Waktu

Baca : Efesus 5 : 15 – 21
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, (Efesus 5 : 15)

Kamu pernah lihat lomba balap mobil Formula satu (F1)? Kemenangan dalam pertandingan ini bukan hanya ditentukan oleh kemampuan si pebalap, namun juga seluruh tim yang menyertainya bertanding. Saat si pebalap berpacu menghadapi pebalap lainnya, team khusus yang menyertainya akan stand by di pit stop. Mereka bertugas menangani seluruh komponen saat balapan berlangsung. Saat mobil masuk pit stop untuk mengisi bahan bakar, ganti ban, atau melakukan perbaikan berat, tim ini akan bekerja dalam hitungan detik dan tidak asal-asalan. Mereka bekerja sempurna dalam waktu sangat singkat karena balap mobil mengutamakan kecepatan dan keamanan agar bisa menang.

Sobat Muda, kemenangan di arena balap ditentukan dalam hitungan detik, yang menunjukkan betapa berharganya waktu. Nah, apakah kamu termasuk anak yang menghargai waktu? Pernahkah kita sadar waktu itu sangat berharga dan tak ternilai, sehingga kita gunakan setiap detik yang ada dengan seksama, alias kita nggak buang waktu percuma? Jatah waktu semua orang sama yaitu 24 jam, tapi kenapa ada orang yang sukses baik secara rohani dan jasmani, namun ada yang tidak? Jawabannya adalah kembali ke individu masing-masing dalam cara mengelola waktu. Tuhan sudah berikan resep sederhana agar hidup kita bermakna, berhasil baik secara sekuler maupun rohani, yaitu perhatikan bagaimana kamu hidup. Apakah kamu suka belajar atau malas belajar, apakah kamu malas bergaul atau suka bergaul, apakah kamu gunakan waktumu untuk tindakan yang produktif atau untuk tindakan yang tidak menghasilkan apapun?

Firman Tuhan menyatakan bahwa kita harus menggunakan waktu yang Tuhan berikan seperti orang yang arif, artinya kita gunakan waktu yang ada untuk melakukan tindakan-tindakan yang produktif, sehingga kita menuai hasil yang baik. Yuk, kita gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Rabu, 13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar