Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Tanaman Ajaib

Baca : Mazmur 139 : 1 – 24
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. (Mazmur 139 : 14)

Jagoan Kristus, apakah kamu tahu kegunaan tanaman lidah buaya (aloe vera)? Sebagian orang hanya tahu lidah buaya tanaman penyubur rambut, padahal kegunaan tanaman lidah buaya banyak sekali lho. Oleh karena itu para ahli botani menjulukinya tanaman ajaib.

Menurut catatan sejarah, lidah buaya ditemukan tahun 1.500 SM dan ada lebih dari 200 jenis. Lidah buaya termasuk keluarga liliaceae, bisa ditemukan di hampir seluruh belahan bumi. Lidah buaya bisa berumur panjang sekalipun tanpa air karena tanaman ini dapat menutup pori-porinya serekat lem, bahkan saat daunnya dipotong. Tujuannya untuk menghindari keluarnya air. Lidah buaya mengandung nutrisi tinggi yang berguna bagi pengobatan maupun bahan kosmetik. Di dalam lidah buaya terdapat aloin yang berguna untuk menurunkan demam atau obat pencahar, dan lignin yang berguna untuk mengobati luka-luka pada kulit. Jadi kalau kulitmu luka kena benda tajam, atau sobek karena terjatuh dan tak ada obat merah, lidah buaya bisa dijadikan obat darurat. Lidah buaya bisa digunakan untuk menyembuhkan insomnia, gangguan perncernaan, sakit kepala, kerontokan rambut, gangguan batu empedu, dan bisa diolah untuk menjadi manisan, minuman, juice, sup, dan tumis.

Jagoan Kristus, meski lidah buaya diciptakan Tuhan dengan sangat ajaib, kita diciptakan Tuhan lebih ajaib lagi. Sejak lahir, kejadian kita begitu dahsyat dan ajaib. Kita mampu mempelajari segala sesuatu dengan cepat, bisa menciptakan sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin, bisa menjinakkan binatang, bisa meneliti sejarah, dll. Itu semua terjadi karena Tuhan sangat mengasihi kita. Yuk, kita gunakan segala kelebihan yang kita punya hari ini untuk menghasilkan berbagai tindakan positif, sama seperti lidah buaya yang memiliki banyak sekali kegunaan positif. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Sabtu, 19 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku suka melakukan berbagai perbuatan baik?
Aplikasi          : Jadilah pribadi yang berguna buat orang lain.
Doa                 : Tuhan, ajar aku senantiasa melakukan hal-hal yang baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar