Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Terhormat

Baca : Kolose 3 : 23 – 25
Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (Kolose 3 : 23)

Menurutmu, apa profesi yang paling terhormat itu? Macam-macam jawaban akan diberikan, tergantung bagaimana cara pandang masing-masing kita. Ada yang menjawab artis, pejabat negara, musikus, atlet, dosen, pendeta, pengusaha, dokter, dll. Bagi sebagian besar orang, profesi terhormat itu ya gajinya besar, hasil pekerjaannya menolong banyak orang, dan bisa terkenal. Kalau profesi yang gajinya kecil dan dilakukan di tempat yang tidak nyaman, itu berarti profesi rendahan. Apakah benar sebuah profesi dikatakan terhormat dengan ukuran seperti itu?

Guys, yuk kita lihat cara pandang Tuhan tentang profesi. FirTu berkata bahwa apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Jadi apapun profesi kita dan berapa pun upah yang kita terima, saat kita bekerja sepenuh hati seperti untuk Tuhan, kita berarti memiliki profesi terhormat. Sekalipun profesi kita hanya tukang sapu, kita dikatakan terhormat kalau menyapu dengan sepenuh hati. Sekalipun kita hanya penjaga toko, kalau kita bekerja dengan sukacita, kita memiliki profesi terhormat. Jadi pejabat namun korupsi, itu memalukan. Jadi artis namun jadi sumber gosip karena merebut suami orang, itu namanya mencemarkan diri sendiri.

Bukan profesimu, namun tindakanmu yang menentukan apakah kamu pantas disebut terhormat atau tidak. Semua profesi itu terhormat kalau kita melakukannya dengan sungguh-sungguh seakan kita bekerja untuk Tuhan. Apapun profesimu hari ini, bekerjalah dengan sungguh-sungguh seperti untuk Tuhan sehingga orang-orang disekelilingmu semangat dengan hadirnya dirimu dalam hidup mereka. Berterima kasihlah pada Tuhan karena kamu bisa bekerja dan mencukupi kebutuhan hidupmu dari upah yang kamu terima. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Selasa, 8 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku sudah melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati?
Aplikasi          : Bertindaklah sebaik mungkin.
Doa                 : Tuhan, ajar aku melakukan tindakan yang terbaik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar