Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Turun ke Bawah

Baca : II Raja-raja 5 : 1 – 27
Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir. (II Raja-raja 5 : 14)

Pernahkah kamu membayangkan seorang jenderal bintang lima kesayangan kepala negara mau mandi di sebuah sungai yang kotor di negara tetangga, dan aksi mandinya disaksikan oleh para bawahan yang mengawalnya? Alkitab mencatat, Naaman, seorang panglima kesayangan raja Aram mandi di sungai Yordan karena ingin penyakitnya sembuh. Semula Naaman panas hati karena Elisa memberikan satu instruksi melalui seorang suruhan agar ia mandi tujuh kali di sungai itu. Naaman merasa permintaan Elisa tak sesuai dengan apa yang ia bayangkan (ayat 11). Namun toh akhirnya ia mau patuh karena bujukan para pegawainya dan karena ia ingin sembuh.

Guys, kalau kamu sakit parah, kanker misalnya. Kamu pasti akan patuh akan nasihat dokter dan menuruti apapun yang dokter perintahkan. Termasuk keluar duit ratusan juta untuk pengobatan. Kalau kamu ingin sehat secara rohani, kamu pun harus tunduk dengan apa yang Tuhan mau dan apa yang Tuhan perintahkan. Bukti tunduk adalah kita bersedia turun ke bawah alias merendahkan diri di hadapan Tuhan. Yordan adalah lembah paling rendah di dunia, bahkan kata Yordan sendiri bermakna ″turun ke bawah″. Siapapun yang mau merendahkan diri dihadapan Tuhan, maka ia akan ditinggikan. Namun siapa tinggi hati, akan direndahkan. Jangan pernah mengatur Tuhan karena itu adalah salah satu bentuk tinggi hati.

Perubahan hidup apapun yang kita inginkan saat ini, entah secara rohani maupun jasmani, tunduklah pada perintah FirTu dan jangan pernah merasa harga diri kita hancur saat melakukannya. Naaman membuktikan bahwa saat ia merendahkan diri, ia mendapat perubahan baik secara fisik maupun rohani. Sebagai murid-Nya, mari kita melakukan hal yang sama agar Tuhan bisa mengubah kita luar dan dalam. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Next – Senin, 28 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku tunduk kepada firman Tuhan?
Aplikasi          : Rendahkanlah diri di hadapan Tuhan, maka kita akan ditinggikan-Nya.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mau merendahkan ego dan gensi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar