Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Bekerja Dengan Maksimal

Baca : Kejadian 39 : 1 – 6
Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu. (Kejadian 39 : 2)

Beberapa waktu lalu saya ngobrol-ngobrol dengan seorang teman yang memiliki sebuah toko dan beberapa pegawai. Dalam obrolan itu ia berkata bahwa ia paling menghindari merekrut pegawai yang beragama Kristen, apalagi satu gereja dengannya. Saya bertanya kenapa ia mengambil tindakan seperti itu. Ia menjawab bahwa berdasarkan pengalamannya, pegawai yang beragama Kristen, apalagi yang satu gereja, sering sekali minta ijin tidak bekerja dengan alasan pelayanan. Kalau tidak diberi ijin, pegawai ini berkata dirinya tidak mengasihi dan tidak mendukung pelayanan gereja. Kalau diberi ijin terus terusan akan menimbulkan iri hati bagi pegawai yang non Kristen karena perlakuannya yang tak adil.

WANITA, kisah teman saya banyak dialami rekan-rekan seiman kita. Sebagai pekerja Kristen, Tuhan tentu tak ingin kita justru menjadi batu sandungan untuk saudara seiman sehingga mereka justru lebih memilih orang-orang non Kristen sebagai pegawai mereka, hanya gara-gara kita lebih sibuk pelayanan daripada mengabdi pada perusahaan tempat kita mencari nafkah. Kita terlibat dalam pelayanan itu sangat baik dan Tuhan menghargai pelayanan itu. Namun jika pelayanan kita jadikan alasan untuk tidak maksimal dalam bekerja, jelas ini sangat tidak baik. Kalau kita bisa bekerja maksimal untuk bos kita yang bukan Nasrani, mengapa kita tidak bisa bekerja maksimal untuk bos kita yang Nasrani, apalagi kalau satu gereja?

WANITA, Yusuf bekerja sepenuh hati untuk tuannya yang tak kenal Tuhan, walaupun ia hanya seorang budak. Kita pun hendaknya bisa bekerja dengan sangat maksimal pada tuan kita, apapun agamanya, dan jangan pernah jadikan pelayanan sebagai alasan untuk kita tidak maksimal dalam bekerja. Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan (Kolose 3 : 22). • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Selasa, 8 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku bekerja sepenuh hati untuk tuan di dunia?
Aplikasi          : Bekerjalah dengan maksimal kepada tuan kita mengabdi saat ini.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menjadi pekerja yang maksimal. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar