Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Waktu untuk Anak

Baca : Kolose 3 : 18-4:6
Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu. (Amsal 29 : 17)

Seorang pemuda berdiri di hadapan seorang hakim untuk mendengarkan keputusan hukuman atas tindakan penipuan dan pemalsuan. Hakim ini berteman akrab dengan ayah pemuda itu, yang termasyhur karena buku karyanya tentang hukum. ″Orang muda″, ujar hakim dengan keras, ″ingatkah engkau pada ayahmu, yang telah engkau permalukan?″ ″Saya ingat dia dengan sangat baik″, jawab pemuda itu dengan tenang. ″Setia kali saya datang kepadanya meminta nasehat, dan setia kali saya datang meminta ditemani, ia selalu berkata, ″Pergilah, nak. Enyahlah kau. Saya sedang sibuk″. ″Ayahku menyelesaikan bukunya yang termahsyur itu … dan sekarang saya ada di sini″. (William Barclay)

Keluarga yang dikasihi Tuhan, sebagai Orang Tua, berapa lama kita meluangkan waktu untuk anak? Sebetulnya erat tidaknya hubungan dengan anak tidak ditentukan dari kuantitas waktu yang kita berikan, namun kualitas waktu yang kita berikan. Percuma kita berikan waktu lima jam bersama anak dalam satu ruangan, namun kita asik berkutat di depan laptop sedangkan anak asik bermain Playstation. Lebih baik waktu satu jam, namun kita bisa makan bersama, ngobrol dari hati ke hati, sehingga kita tahu apa yang anak inginkan dan anak tahu apa yang orang tuanya mau. Jangan pernah salahkan anak kalau dia tumbuh menjadi anak yang malas, suka melawan, atau melakukan tindakan yang memalukan, karena itu bisa terjadi karena kesalahan kita sendiri yang kurang peduli dalam mendidik anak.

Tidak ada kata terlambat untuk kita menjalin hubungan intim dengan anak. Luangkan waktu kita setiap hari untuk bisa tahu keadaan anak dan memberikan apa yang menjadi kebutuhannya. Jangan pernah sakiti hati anak kita dengan alasan sibuk kerja di kantor, atau cape pulang kerja sehingga tak ada waktu mendengarkan kemauan anak. Anak adalah titipan Tuhan, jaga baik-baik anak itu agar memberikan ketentraman dan sukacita bagi kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 5 Mei 2012
Pertanyaan    : Seberapa sering saya meluangkan waktu untuk anak?
Aplikasi          : Luangkan waktu kita setiap hari untuk anak.
Doa                 : Tuhan, ajar kami untuk bisa selalu meluangkan waktu untuk anak kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar