Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Lidah Buaya

Baca : I Timotius 4 : 1 – 16
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. (I Timotius 4 : 16)

Beberapa bulan belakangan saya hobi menanam dan merawat tanaman lidah buaya. Setiap hari dengan tekun saya merawat beberapa tumbuhan lidah buaya yang saya tanam di pot sehingga tumbuh besar dan subur. Pernah tanaman lidah buaya saya tinggal sampai 10 hari karena pergi ke luar kota. hasilnya saat saya pulang, tumbuhan ini agak layu karena tidak terawat. Bila tanaman saya tumbuh jelek, saya tidak menyalahkannya bukan? 'Kamu tanaman goblok, tidak tahu diri, dan malas! Kalau kamu mau berusaha lebih keras, kamu akan bisa tumbuh lebih bagus!' Yang akan saya lakukan adalah memeriksa: apakah ada yang salah dengan tanahnya? Airnya? Cuacanya? Pupuknya? Lingkungannya? Cara tanam saya? Lalu saya berusaha memperbaikinya.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, Bila pasangan hidup, anak, bawahan, kolega, pembantu kita tidak berhasil, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah periksa dulu apa yang salah dengan sekitarnya. Pandangan, pemahaman, dan cara penyampaian kita sendiri yang salah? Situasi, kondisi, dan momennyakah yang tidak cocok? Bukan malah kita menyerang yang bersangkutan seperti kita kesal dan marah kepada lidah buaya. Seseorang yang mengerti kebenaran firman Tuhan akan mampu untuk melihat dengan jernih dan belajar dalam situasi apapun. Kita mau belajar mengoreksi diri kita lebih dahulu sebelum mengoreksi orang lain. Kita menjadi pelaku lebih dahulu sebelum mengajarkan hal itu pada orang lain.

Mari kita selamatkan diri kita sendiri dan orang lain dengan selalu mengawasi apapun tutur kata, tindakan, atau cara pandang kita. Di sekitar kita sudah terlalu banyak orang yang hanya bisa menyalahkan orang lain namun tak pernah mau mengoreksi diri sendiri dan berubah. Jadilah murid Yesus yang selalu mengawasi ajaran dan mau mengoreksi diri sendiri sehingga nama Tuhan dimuliakan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Minggu, 6 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku selalu mengoreksi diri?
Aplikasi          : Selalu awasi segala tingkah laku diri sendiri.
Doa                 : Tuhan ajar aku rendah hati dengan mau mengoreksi diri senantiasa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar