Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Memaafkan

Baca : Lukas 23 : 33 – 43
Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. (Lukas 23 : 34)

Betapa kaget Jimmy Colson, warga Greensburg, Indiana, AS, saat membuka kotak posnya di akhir tahun 2010. Ia mendapat kiriman 3 koin uang perak yang hilang dari lockernya di masa SMA pada tahun 1976. Dalam surat tanpa nama pengirim, tertulis kalimat, ″Akhirnya aku menyadari kesalahan itu, maaf telah menyusahkanmu sebegini lama. Dari ‘dumb kid’.″ Colsom ingat di masa SMA ia memamerkan tiga koin itu kepada teman-temannya. Kemudian ia simpan koin itu di lockernya, tapi beberapa hari kemudian hilang. Seiring berjalannya waktu, Colsom telah melupakan kejadian itu. ″Saya sudah memaafkan si pelaku, siapa pun dia. Semua sudah selesai, tak ada dendam, tak ada sakit hati. Bukankah itu lebih berharga daripada nilai uang?″ katanya.

WANITA, apakah kita menjadi pribadi yang gampang memaafkan kesalahan orang lain, bahkan sebelum orang itu meminta maaf kepada kita? Banyak alasan kita menahan diri untuk memaafkan kesalahan seseorang, namun yang paling umum terjadi adalah karena kita merasa rugi kalau memaafkan begitu saja kesalahan orang lain. Kalau saat ini kita sulit memaafkan kesalahan orang lain, mari belajar dari teladan Yesus. Ketika Tuhan melihat perbuatan orang-orang yang menyalibkanNya, secara daging Yesus jelas merasa sakit hati, sedih, dan kecewa. Yesus sangat dirugikan dan dibuat menderita dalam banyak hal. Sepanjang hidupNya Ia sudah melakukan berbagai kebaikan, namun balasan yang Ia terima adalah salib. Namun Yesus tak mengutuk atau menunda-nunda memaafkan mereka.

WANITA, memaafkan memang tak selalu mudah, namun mau memaafkan kesalahan orang yang menyakiti kita, seberat apapun kesalahannya, itulah tanda kita meneladani Yesus. Maukah kita sekarang mengampuni orang yang berbuat salah pada kita? • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 18 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku mudah memaafkan orang lain?
Aplikasi          : Jangan menunda untuk memaafkan.
Doa                 : Tuhan, lembutkan hatiku agar bisa mengampuni kesalahan orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar