Website counter

Selasa, 29 Mei 2012

Garam

Baca : Matius 5 : 13 – 16
"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. (Matius 5 : 13)

Jauh sebelum masa Kekaisaran Romawi Berjaya, garam adalah sesuatu yang sangat istimewa. Bahkan hingga hari ini, kita mengungkapkan kepribadian seseorang yang kuat dengan mengatakan, ″Orang seperti itu bagaikan garam dunia″. Orang-orang romawi biasa mengatakan, ″Tidak ada sesuatu yang lebih bermanfaat daripada matahari dan garam″. Bagi orang Romawi, garam dihubungan dengan kemurnian. Bagi mereka garam merupakan sesuatu yang paling murni dari semua hal karena berasal dari segala sesuatu yang paling murni: matahari dan laut.

Girls, orang Kristen harus menjadi garam dunia itu berarti orang Kristen harus menjadi teladan kemurnian. Seorang Kristen harus menghayati kemurnian FirTu dalam pikiran, perkataan, dan tindakan. Sudah seharusnya kita menjadi panutan dan pengaruh bagi orang-orang di sekitar kita, bukannya kita dipengaruhi mereka. Jika Tuhan menempatkan kita di tempat kerja, itu berarti kita harus memberikan pengaruh positif pada rekan-rekan kerja kita agar mereka pun memiliki kebiasaan-kebiasaan Kristus. Jika Tuhan menempatkan kita di bangku kuliah, itu berarti kita harus memberi pengaruh positif pada rekan-rekan mahasiswa agar mereka hidup seturut FirTu. Kalau kita seorang Kristen namun tidak mampu memberikan pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar kita, berarti kita sudah menjadi garam yang tawar, garam yang dibuang dan diinjak orang.

Tentu kita nggak mau dikatakan garam yang tidak asin, oleh karena itu jaga hidup kita agar tetap murni sesuai firman Tuhan. Godaan dunia akan berusaha menyeretmu agar tawar, namun lawan godaan itu. Memang sulit, namun pasti bisa. Jadilah panutan kebenaran di mana pun Tuhan menempatkanmu. Bersikaplah jujur, setia, disiplin, punya pendirian, inisiatif, dan memiliki integritas. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Harian Spirit Girls – Rabu, 30 Mei 2012
Pertanyaan    : Apakah aku mampu memberikan pengaruh positif untuk lingkunganku?
Aplikasi          : Jadilah panutan kebenaran di mana pun.
Doa                 : Bantu aku Tuhan agar mampu menjadi teladan kemurnian. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar