Website counter

Jumat, 30 September 2011

Air dan Manusia


Baca : Yohanes 4 : 1 – 42
Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup. (Yohanes 7 : 38)

Penelitian yang dilakukan ahli dehidrasi dan kinesiology Universitas Connecticut, AS, Lawrence Armstrong, dan ahli neurokognisi dari Institut Kedokteran Lingkungan, Pusat Penelitian Angkatan Darat AS di Natick, Massachusets, Harris R Lieberman menunjukkan dehidrasi ringan bisa mengurangi kemampuan berpikir, berkonsentrasi, kemampuan mengingat, hingga memacu emosi yang menganggu suasana hati. Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh karena 70% tubuh kita berupa air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk mengatur suhu tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata, dan hidung, pelumas sendi, serta melindungi organ dan jaringan tubuh. Keberadaan air turut membantu meringankan beban kerja ginjal dan hati dengan melarutkan sisa metabolisme, mencegah sembelit, membantu melarutkan mineral dan zat gizi agar dapat dimanfaatkan tubuh dan membawa zat-zat gizi dan oksigen ke dalam sel.

WANITA, secara fisik manusia akan selalu membutuhkan air setiap saat untuk tetap hidup. Secara rohani pun kita butuh air, yaitu Roh Kudus (Yoh 7:39) agar kita selalu semangat mengikut Yesus dan senantiasa kuat menghadapi berbagai cobaan dunia. Kita mau tidak mau harus mengakui bahwa seumur hidup cobaan, tantangan, penderitaan, dan rintangan akan selalu datang silih berganti. Bersama Roh Kudus, kita memang tidak akan bebas dari masalah dan masalah akan selalu tetap muncul, namun kita akan selalu mampu menyelesaikannya. Perempuan Samaria yang bercakap-cakap dengan Yesus bisa menikah sampai lima kali dan lelaki keenam yang sekarang tinggal dengannya bukan suaminya, ini bisa terjadi karena dia kekeringan secara rohani, walaupun secara fisik ia selalu minum air. Kekeringan rohani akan membuat seseorang labil secara emosi dan begitu mudah loyo saat menghadapi masalah. Hasilnya, keputusan dan tindakan negatif-lah yang diambil.

WANITA, orang yang memiliki Roh Kudus akan selalu bisa menyelesaikan segala masalah yang muncul dengan tindakan dan keputusan yang positif. Ijinkan Roh Kudus tinggal dalam hati untuk membersihkan hati dan memberikan kekuatan dalam menjalani hari demi hari. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 6 Oktober 2011
Pertanyaan     : Apakah aku selalu mengisi rohaniku?
Aplikasi          : Ijinkan Roh Kudus tinggal dalam hati dengan cara selalu membersihkan hati.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk Roh Kudus yang Engkau berikan untukku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar