Website counter

Jumat, 30 September 2011

Sinergi


Baca : I Korintus 3 : 1 – 9
Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. (I Korintus 3 : 6)

Sinergi adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan kreatif. Sinergi menggabungkan kemampuan yang beraneka ragam, sehingga pihak-pihak yang berbeda dapat saling melengkapi. Contoh simplenya ada di gereja kita masing-masing. Ada orang yang hebat dalam memainkan alat musik, ada yang piawai mengeset sound system, ada yang jago dalam memasak, ada yang pintar dalam mengoperasikan komputer, dll. Jika semua perbedaan ini digabungkan dan bekerjasama, pasti akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Kita yang kuat dalam bidang musik namun lemah dalam bidang komputer, tetap bisa menghasilkan yang terbaik kalau mau bersinergi dengan orang yang hebat dalam bidang komputer. Tanpa sinergi, satu tambah satu adalah dua. Dengan sinergi satu tambah satu bisa menjadi dua, tiga, lima, atau bahkan sepuluh. Seseorang yang jago administrasi jika bersinergi dengan seseorang yang jago marketing, pasti menghasilkan penjualan yang bagus, manajemen yang baik, penghematan biaya, keuntungan maksimal, dll.

Apakah kita bersinergi dengan komunitas di mana kita terlibat selama ini? Apakah kita hanya sekedar menjadi penonton, atau kita terlibat aktif sehingga menghasilkan suatu hasil terbaik? Tanpa bersinergi, jangan pernah mengharapkan hasil maksimal. Salah satu rahasia sukses Paulus dalam penginjilannya adalah karena dia bersinergi dengan murid-murid Yesus yang lain. Paulus bersinergi dengan Kefas, Timotius, Apolos, Barnabas dan Silas. Paulus dengan terang-terangan berkata dirinya yang menanam, Apolos yang menyiram, dan Tuhan yang memberi pertumbuhan. Paulus tidak mengklaim bahwa gara-gara dirinya seorang penginjilan ke berbagai tempat berhasil, namun ia mengakui bahwa keberhasilan penginjilan karena sinergi murid-murid Yesus, yang salah satunya adalah dirinya sendiri.

Mari bersinergi dalam apapun komunitas yang kita ikuti saat ini. Dalam Tuhan kita semua bersaudara dan saling membutuhkan satu sama lain. Tak ada yang lebih hebat atau lebih lemah, karena satu sama lain kita memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Hasilkan tindakan hebat yang memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama dengan mau bersinergi. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku bisa bekerja sama dengan kreatif?
Aplikasi          : Jadilah pribadi yang bisa bekerja sama untuk menghasilkan kebaikan.
Doa                 : Tuhan, bantu aku agar bisa bekerja sama dengan siapapun. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar