Website counter

Jumat, 30 September 2011

Menghadapi Kritik


Baca : Keluaran 18 : 13 – 27
Ketika mertua Musa melihat segala yang dilakukannya kepada bangsa itu, berkatalah ia: "Apakah ini yang kaulakukan kepada bangsa itu? MengapakahJ engkau seorang diri saja yang duduk, sedang seluruh bangsa itu berdiri di depanmu dari pagi sampai petang?" (Keluaran 18 : 14)

Manakah yang Anda sukai? Menerima pujian atau menerima kritik? Jujur, kita semua lebih suka dipuji karena itu menandakan orang lain menghargai apa yang kita lakukan. Orang lain mengakui bahwa kita memang cerdas, hebat, dan pantas melakukan apa yan sudah kita perbuat. Sedangkan kritik biasanya kurang kita sukai karena itu cenderung mengoreksi kelemahan diri kita, memaksa kita melakukan yang lebih baik, atau kadangkala kritik justru menyelamatkan kita dari kehancuran. Meskipun tak semua kritik itu membangun, karena ada beberapa orang mengkritik karena benci atau mencari-cari kesalahan, mari kita belajar menerima kritik dengan cara yang benar.

Terlepas dari apakah kritik itu memang membangun atau hanya karena kebencian seseorang belaka, anggaplah kritik itu sesuatu yang baik dan menolong diri kita. Musa adalah sosok yang dipilih Tuhan sendiri untuk memimpin umat Israel dan Musa dahulu dibesarkan oleh putri Firaun dan mendapat didikan yang jauh lebih hebat daripada Yitro mertuanya yang hanya gembala kambing. Walaupun begitu, Musa dengan rendah hati mau menerima kritikan Yitro mengenai caranya mengadili rakyat Israel. Musa menyadari bahwa kritikan mertuanya itu benar sehingga usulnya itu diterimanya. Hasilnya pelayanan Musa jauh lebih maksimal dan semua permasalahan rakyat Israel bisa diadili oleh para hakim.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, berterima kasihlah kepada orang-orang yang suka mengkritik Anda karena itu tandanya mereka memperhatikan Anda dan ingin Anda melakukan yang lebih baik. Jangan membenci atau memusuhi para pengkritik kita karena dari merekalah kita bisa tahu apa saja kekurangan yang perlu kita perbaiki sehingga dari waktu ke waktu kita akan semakin lebih baik. Jangan anti dengan kritik. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku memandang positif kritik yang ditujukan kepadaku?
Aplikasi          : Terimalah kritik sebagai koreksi agar diri kita semakin lebih baik.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk semua kritik yang boleh aku terima. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar