Website counter

Jumat, 30 September 2011

Batas Waktu


Baca : Matius 25 : 1 – 13
Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya. (Matius 25 : 13)

Segala tugas atau pekerjaan yang kita lakukan saat ini semuanya sesungguhnya memiliki batas waktu. Contoh sederhananya saat kita melihat program undian atau penukaran hadiah yang sering diadakan beberapa perusahaan tertentu. Perusahaan itu pasti memberikan batas waktu untuk kita mengirimkan undian atau menukar hadiah yang seharusnya kita dapat. Katakanlah batas akhir penukaran hadiah adalah 31 Mei 2011 atau batas akhir pengiriman jawaban kuis adalah 12 November 2011 (cap pos), maka kita harus menukar atau mengirim sebelum tanggal itu. Kalau lewat dari tanggal tersebut, kita tidak berhak dapat hadiah.

Kita tahu batas waktu apa saja yang harus atau ingin kita lakukan, namun kita tidak pernah tahu kapan batas waktu kita untuk hidup. Bisa sepuluh tahun lagi, dua puluh tahun lagi, lima puluh tahun lagi, atau bisa saja 1 jam lagi. Banyak orang berpikir kalau tubuhnya sehat, uangnya banyak, tidak banyak pikiran, atau pekerjaannya oke, maka umurnya pasti panjang. Sedangkan orang yang tubuhnya sakit-sakitan, uangnya pas-pasan, bekerja kasar dan banyak memiliki masalah, maka umurnya pasti pendek. Secara hitung-hitungan manusia, hal ini masuk akal. Namun kita tak pernah bisa menduga berapa umur kita sendiri atau umur orang lain. Kenyataan berbicara bahwa orang-orang yang notabene sehat, dan tak banyak pikiran bisa tiba-tiba meninggal dunia. Tak sedikit pula kita jumpai orang yang divonis dokter umurnya tinggal menghitung hari, justru umurnya panjang dan penyakitnya sembuh.

Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan jumlah umur kita yang menjadi misteri? Mari kita isi hidup kita dengan selalu berjaga-jaga dalam segala hal dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Berapapun usia kita saat ini, mari kita isi hidup kita dengan melakukan berbagai perkara positif yang memberkati sesama dan memuliakan Tuhan. Tak pernah ada kata terlambat untuk kita melakukan yang terbaik selagi Tuhan masih memberikan waktu. Orang-orang yang tak mengenal Tuhan menyia-nyiakan masa muda dan kesehatan mereka untuk menyenangkan diri sendiri dan mengumpulkan harta di dunia. Sebagai anak Tuhan, mari kita kumpulkan harta di surga dengan menolong sebanyak mungkin orang dan selalu melakukan berbagai perkara berkualitas. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apa yang sudah kita lakukan dengan umur kita?
Aplikasi          : Isi hidup kita dengan melakukan berbagai perkara positif.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menggunakan waktu yang ada dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar