Website counter

Jumat, 30 September 2011

Tampil Apa Adanya


Baca : Kejadian 1 : 26 – 31
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4 : 8)

Menurut Yudiana R. Sari, staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, percaya diri (pede) baru bisa timbul bila seseorang memiliki konsep positif dan realistis tentang diri dan lingkungannya. Seseorang yang memiliki rasa pede biasanya meyakini kemampuannya, mampu mengendalikan kehidupannya, dan yakin ia mampu melakukan apapun yang menjadi keinginan, rencana, dan harapannya. Memiliki rasa pede bukan berarti mampu melakukan segala sesuatu. Namun, seseorang yang pede mempunyai harapan yang realistis. Walaupun beberapa harapannya tak terpenuhi, ia tetap berpikir positif dan menerima ″kegagalannya″. Seseorang yang pede rela menghadapi resiko karena tidak diterima atau tidak disetujui orang lain, sebab ia yakin akan kemampuannya.

Tak semua orang adalah pribadi yang pede. Penyebabnya macam-macam. Mulai dari penampilan fisik yang memiliki kekurangan, pendidikan yang tidak sampai sarjana, latar belakang keluarga, masa lalu yang buruk, keuangan pas-pasan, dll. Sebagai seorang yang percaya Yesus, kita harus menjadi pribadi yang pede, apapun kelemahan dan kelebihan kita. Kenapa? Karena Tuhan menciptakan kita menurut gambar-Nya. Memang betul di satu sisi kita menjumpai beberapa kelemahan yang tidak bisa kita tutupi atau perbaiki seperti tubuh yang pendek atau kaki yang pincang. Namun, Tuhan pasti berikan kita kelebihan yang lain. Mengapa orang-orang terkenal seperti Ucok Baba, Tukul Arwana, atau Oprah Winfrey bisa begitu hebat dalam bidangnya, padahal secara fisik memiliki kekurangan? Karena mereka menggali kelebihan mereka dan tidak meratapi kekurangan mereka. Hasilnya mereka pede dan berhasil menjadi pribadi yang hebat.

Bangunlah image positif tentang dirimu sendiri. Selalu pikirkan segala sesuatu yang baik sehingga kamu menghasilkan tindakan-tindakan yang baik, yang menghebatkan dirimu. Orang-orang boleh menghina dan merendahkan dirimu karena kekuranganmu, namun jangan biarkan mereka meracuni pikiranmu sehingga kamu mengasihani diri sendiri. Kamu adalah orang hebat, gali dan maksimalkan potensimu. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku melihat diriku adalah orang yang positif?
Aplikasi          : Jangan ratapi kekurangan kita namun maksimalkan kelebihan kita.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mensyukuri segala sesuatu yang telah Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar