Website counter

Jumat, 30 September 2011

Petunjuk Pemakaian


Baca : Mazmur 119 : 105 – 112
Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. (Roma 15 : 4)

Setiap kali saya membeli barang elektronik baru seperti tv, laptop, atau handphone, saya membiasakan diri untuk terlebih dahulu membaca buku petunjuknya. Dalam buku petunjuk itu, ada berbagai petunjuk bagaimana cara menyalakannya, apa saja aplikasinya, bagaimana perawatannya, bagaimana cara menggunakannya yang benar, atau hal-hal apa saja yang harus saya lakukan agar barang elektronik yang saya beli tahan lama. Sebetulnya tanpa perlu membaca buku panduan, saya bisa mengotak-atik cara kerja barang elektronik tersebut, namun saya tak mau mengambil resiko melakukan kesalahan yang tak perlu dan membuang-mbuang waktu untuk coba-coba yang efeknya bisa merusak barang itu.

Tak hanya barang elektronik yang butuh buku petunjuk agar kita bisa menggunakannya, Tuhan pun sudah berikan berbagai macam petunjuk hidup benar melalui Alkitab. Dalam Alkitab, akan kita temui banyak pelajaran hidup yang sangat bernilai dan membantu diri kita dari tokoh-tokoh yang tertulis disana. Alkitab dengan jujur menulis kejatuhan Simson, dosa perzinahan Daud, ketaatan Nuh, kebohongan Yakub, dan banyak lagi. Alkitab tidak menutupi kebaikan atau keburukan setiap tokoh yang ada. Tuhan sengaja menuliskan apa adanya agar kita bisa meneladani hal-hal baik yang sudah mereka lakukan dan tidak melakukan hal-hal jahat yang mereka lakukan.

Kalau kita sudah tahu isi Alkitab, namun masih saja kita doyan melakukan dosa yang jelas-jelas dilarang oleh Alkitab, berarti kita hanya sekedar tahu namun tak mau melakukan. Kita hanya sekedar memiliki buku petunjuk hidup, namun seenaknya saja mengisi hidup kita. Kalau tiba-tiba hidup kita rusak, jangan salahkan Tuhan. Kalau hidup kita berkualitas, berterima kasihlah pada Tuhan karena Ia memberikan petunjuk hidup melalui Alkitab. Tuhan sudah memberikan banyak petunjuk supaya kita semakin berkualitas dalam segala hal, baca dan lakukan petunjuk-Nya, maka berkat dan sukacita yang akan kita tuai. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku sudah melakukan semua firman Tuhan?
Aplikasi          : Baca dan lakukan firman Tuhan.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk setiap petunjuk yang Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar