Website counter

Jumat, 30 September 2011

Otot dan Otak


Baca : I Korintus 6 : 12 – 20
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (I Korintus 6 : 20)

Berolahraga secara rutin tak hanya membuat tubuh kita sehat dan kuat, namun juga melindungi sel-sel otak. Peneliti di University of Illinois membuktikan hal ini setelah memperhatikan brain image 55 partisipan yang berusia 55 tahun ke atas. Ditemukan bahwa orang yang memiliki gaya hidup aktif alias sering bergerak mengalami paling sedikit kemunduran pada area otak yang bertanggungjawab akan fungsi kognitif. Asumsi mereka adalah bahwa latihan aerobic meningkatkan kemampuan otak untuk memperbaharui neuron yang berpengaruh terhadap fungsi kognitif otak.

Segala sesuatu yang kita lakukan ditunjang oleh otak dan otot. FirTu berkata bahwa tubuh kita telah lunas dibayar sehingga kita harus memuliakan Tuhan dengan tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan menjaganya tetap sehat melalui olahraga. Bicara masalah olahraga teratur, ada beberapa orang yang membantah dengan berkata latihan jasmani terbatas gunanya. Jawaban itu betul karena latihan jasmani memang hanya berlaku selama kita masih hidup di dunia. Namun kalau tubuh sakit-sakitan, apa bisa melakukan berbagai perkara yang memuliakan Tuhan dengan maksimal? Meskipun ada orang-orang tertentu yang tetap bisa memuliakan Tuhan walaupun sakit, namun bukankah tetap jauh lebih baik kalau kita melayani dengan fisik yang sehat?

Contohnya, kita punya talenta dibidang tarik suara, namun kita malas olahraga sehingga mudah ngos-ngosan saat baru nyanyi satu atau dua lagu. Kita nggak bisa memuliakan Tuhan karena nggak mau merawat tubuh. Olahraga memang melelahkan dan mengeluarkan biaya, namun kita sesungguhnya sedang mengivestasi masa tua yang sehat dan bahagia. Orang yang masa mudanya malas berolahraga memang seakan nggak ada bedanya dengan orang yang rajin olahraga. Namun di masa tua terlihat perbedaannya. Orang yang malas olahraga, di masa tuanya mudah sakit-sakitan, pikun,dan jalannya terbungkuk-bungkuk. Orang yang suka olahraga, di masa tuanya tetap sehat, daya ingatnya bagus, dan energik.

Hidup sehat secara jasmani turut menunjang rohani, sehingga jangan malas berolahraga. Luangkan waktu berolahraga minimal tiga kali seminggu secara teratur, maka pasti tubuh kita akan jauh lebih sehat, otak lebih cemerlang, dan lebih banyak perkara yang memuliakan Tuhan bisa kita lakukan. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku rutin berolahraga?
Aplikasi          : Disiplin diri untuk rutin berolahraga.
Doa                 : Tuhan, bantu aku merawat tubuh jasmani dan rohaniku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar