Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Setia Donk

Baca : Galatia 5 : 16 – 26
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (Galatia 5 : 22)

Semasa kuliah di tahun 2004, aku memiliki kebiasaan buruk suka gonta-ganti nomor hp. Kala itu ada satu operator selluler yang mengeluarkan promo cukup murah. Beli satu nomor seharga lima ribu langsung dapat pulsa lima belas ribu. Alhasil hampir tiap dua minggu sekali aku ganti nomor karena pikirku jauh lebih hemat. Namun hasilnya aku rugi sendiri karena sebagian teman dan saudara kerap memarahiku karena kesulitan menghubungi. Pernah aku nggak diajak makan malam bersama oleh satu saudara di rumah makan yang terkenal cukup enak, karena aku ganti nomor nggak bilang padanya. Aku menyesal setengah mati sehingga sejak itu setia pada satu nomor saja sampai hari ini.

Girls, yuk kita sama-sama bertanya pada diri sendiri apakah aku pribadi yang setia? Apakah aku bisa setia kepada Tuhan dalam suka dan duka? Untuk mengujinya mudah kok. Apakah kita suka gonta-ganti nomor hp, apakah kita suka gonta-ganti pacar, apakah kita begitu mudah suka sama merk tertentu namun beberapa waktu kemudian udah nggak suka, apakah kita setia beribadah di satu gereja atau kita suka pindah-pindah gereja, apakah kita setia melakukan satu kebiasaan baik, apakah kita setia baca Alkitab di waktu yang sama setiap hari? Jika kita lebih banyak menjawab tidak setia, kesetiaan kita patut dipertanyakan. Salah satu buah roh adalah kesetiaan dan Tuhan sangat menghargai murid-Nya yang setia. Setia melakukan berbagai perkara yang benar menunjukkan kita mau bertumbuh dan berbuah. Kalau selama bertahun-tahun kita ikut Tuhan tetapi kita tidak setia dalam berbagai perkara, terutama dalam hal-hal rohani, kita perlu memperbaiki dan mengintrospeksi diri mengapa aku tidak setia.

Orang yang setia dalam melakukan berbagai perkara pasti akan menuai berkat dan dihargai oleh banyak orang. Baik dalam dunia sekuler maupun pelayanan, jadilah pribadi yang setia. Orang lain di sekitar kita bisa saja tidak setia baik kepada Tuhan maupun kepada sesamanya, namun jangan pernah tiru mereka. Tirulah Tuhan kita yang setia dengan kita setia melakukan berbagai perkara yang sesuai kebenaran FirTu. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Kamis, 8 November 2012
Pertanyaan    : Apakah saya sudah setia dalam berbagai perkara?
Aplikasi          : Jadilah pribadi setia.
Doa                 : Tuhan, didik kami menjadi pribadi yang setia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar