Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Ethel Hatfield

Baca : Mazmur 92 : 13 – 16
Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya. (Mazmur 92 : 15 – 16)

Jika hari ini Anda merasa tidak mampu menjadi pejuang yang berkarakter karena faktor usia, mari kita belajar dari Ethel Hatfield yang ingin melayani Tuhan di sekolah minggu pada usia 76 tahun. Ketika ia menyampaikan niatnya kepada pendeta gerejanya, pendeta tersebut berkata ia sudah terlalu tua. Dengan sedih ia mengurungkan niatnya dan menekuni hobinya berkebun. Satu hari, seorang mahasiswa keturunan China lewat dekat rumahnya dan berhenti. Ia mengomentari keindahan bunga-bunga mawarnya. Saat berbincang itulah, Ethel menceritakan siapa Yesus. Dari satu mahasiswa, ia berhasil menginjili beberapa mahasiwa lainnya. Ketika ia meninggal dunia, ada sekitar 70 orang keturunan China yang sudah percaya menghadiri upacara pemakamannya. Seorang wanita tua mampu memenangkan puluhan jiwa di masa-masa terakhir hidupnya.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, usia bukan alasan atau halangan untuk kita melayani Tuhan. Memang betul ada beberapa tindakan yang sudah tidak bisa kita lakukan, namun tetap masih banyak tindakan yang bisa kita lakukan. Firman Tuhan berkata orang benar tetap berbuah dan segar walau mereka sudah tua. Berbuah dan segar di sini artinya kita tetap mampu memenangkan jiwa-jiwa baru dan memiliki kekuatan lebih untuk mengajak sebanyak mungkin orang mengenal Yesus. Tubuh jasmani kita memang akan memaksa kita untuk lebih banyak diam dan fokus pada kepentingan diri sendiri. Iblis pun tak pernah absen untuk membujuk kita agar jangan banyak tingkah atau celaka. Meski begitu, tetaplah kerjakan bagian kita sebagai murid Yesus. Kalau Tuhan gerakkan hati kita untuk melayani di bidang tertentu, pasti Ia berikan kita kemampuan dan kekuatan di situ.

Orang tua yang lebih banyak diam justru lebih mudah sakit-sakitan daripada orang tua yang tetap aktif bekerja. Aktif melayani di usia senja akan membuat tubuh kita lebih sehat dan tubuh rohani kita sehat dan semangat. Turuti panggilan Tuhan untuk melayani, berapa pun usia kita hari ini. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Jumat, 16 November 2012
Pertanyaan    : Apakah usia menjadi alasan kita untuk malas-malasan?
Aplikasi          : Selama masih bernafas kita masih bisa melayani Tuhan.
Doa                 : Tuhan, berikan aku kekuatan lebih untuk tetap mampu melayani-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar