Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Kelambu Bolong

Baca : Mazmur 62 : 1 – 13
Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. (Mazmur 62 : 6)

Tadi malam saya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena entah mengapa di kamar tidur saya banyak nyamuk. Setelah tidur beberapa saat, ada nyamuk nakal terbang dekat telinga sehingga otomatis saya memukulnya. Atau, kaki tiba-tiba gatal karena gigitan nyamuk sehingga saya menamparnya. Banyak nyamuk yang berhasil saya bunuh semalam, namun saya heran kok tak kunjung berkurang nyamuknya. Akhirnya saat pagi tiba dan saya bangun dengan lesu, saya mendapati kelambu di jendela bagian atas bolong, sehingga nyamuk dengan bebas masuk. Sebanyak apapun saya bunuh nyamuk, saya akan tetap terganggu kalau lubang kelambu tidak segera saya tutup.

Dalam menjalani hidup, saya percaya kita semua pasti menghadapi masalah. Yang sering kali terjadi kita selalu berusaha membereskan dampak yang muncul, namun kita dibuat lelah karena dampak itu terus berulang. Ini bisa terjadi karena kita tidak mencari sumber masalahnya atau sebabnya dan hanya membereskan akibatnya. Akibatnya energi kita terkuras hanya untuk menghadapi satu kejadian yang terus berulang. Firman Tuhan mengajar kita untuk belajar selalu mendekatkan diri pada Tuhan. mengapa? Karena Dia kota benteng kita. Saat kita mendekat pada Tuhan, memang masalah akan selalu muncul, namun kita akan lebih kuat dan mampu membereskan sebab masalah yang muncul. Kita akan mampu bersikap tenang dalam menghadapi seberat apapun masalah karena tahu Tuhan tak akan membiarkan kita berjuang sendiri. Tuhan akan berikan solusi.

Seberat apapun masalah kita pagi ini, tenangkan pikiran dan dekatkan diri pada Tuhan. Renungkan apa sebetulnya penyebab masalah kita yang berlarut-larut, bukan akibatnya. Minta pada Tuhan agar Dia memberikan solusi atas penyebab masalah yang ada dan segeralah ambil tindakan untuk membereskannya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Selasa, 27 November 2012
Pertanyaan    : Pernahkah kita merenungkan apa penyebab masalah kita?
Aplikasi          : Tenangkan pikiran dan dekatkan diri kepada Tuhan.
Doa                 : Tuhan, bimbing kami untuk menyelesaikan sumber masalah kami yang terjadi saat ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar