Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Apa Responmu?

Baca : Matius 14 : 22 – 33
Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. (Matius 14 : 29)

Kalau tiba-tiba kakimu tanpa sengaja menyentuh knalpot motor yang panas, apa yang akan kamu lakukan? Kalau tiba-tiba kartu ATM-mu tertelan mesin ATM, apa yang akan kamu lakukan? Apapun yang kamu lakukan saat mengalami kejadian, itulah yang dinamakan respon. Respon itu sendiri sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang selama ini kamu lakukan.

Responmu menentukan seberapa berkualitas karaktermu. Karakter dalam artian sederhana adalah kumpulan dari kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kita lakukan. Kalau kebiasaan kita tiap hari diisi dengan pesimis, rendah diri, tak berani menyuarakan pendapat, takut berbicara apa adanya dengan teman, atau bangun tidur semaunya, maka jangan salahkan siapapun kalau orang lain memandang rendah diri kita. Saat kita baca kisah Yesus berjalan di atas air, akan kita temui dua respon yang berbeda. Respon pertama yaitu berani datang kepada Yesus sehingga bisa berjalan diatas air, yang dilakukan Petrus. Respon kedua meringkuk ketakutan dalam perahu, yang dilakukan sebelas murid yang lain. Hasilnya jelas beda. Petrus pasti bahagia karena dia mampu jalan di atas air yang sedang mengamuk, walaupun akhirnya tenggelam karena bimbang. Sedangkan para murid yang lain nggak pernah tahu gimana rasanya jalan di atas air.

Sobat Muda, responlah firman Tuhan seperti cara Petrus merespon yaitu cepat mendengar dan cepat melakukan apa yang Tuhan suruh. Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya (Amsal 10:4). Apapun yang kelak kamu terima ditentukan oleh responmu saat mengalami suatu kejadian, oleh karena itu miliki kebiasaan-kebiasaan yang berkualitas dan membangun. Sehingga  orang lain ngga’ menilai kita rendah. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Senin, 5 November 2012
Pertanyaan    : Bagaimana cara saya merespon firman Tuhan?
Aplikasi          : Cepat mendengar dan cepat melakukan firman Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar kami memiliki kebiasaan-kebiasaan yang berkualitas. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar