Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Luar Dalam

Baca : Matius 15 : 21 – 28
Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh. (Matius 15 : 28)

Ada kisah tentang seorang petani yang memelihara seekor babi di rumahnya, bukan untuk dijagal, tapi dijadikan hewan kesayangan layaknya anjing atau kucing. Ia memandikannya, membersihkan bulunya, memberi parfum, memberikan pita di lehernya dan mendudukkannya di ruang tamu. Babi itu kelihatan sangat baik. Tetapi ketika petani itu membuka pintu rumahnya, babi itu langsung melompat dan lari ke comberan. Mengapa babi yang sudah dibersihkan begitu rupa kembali ke comberan? Karena ia masih seekor babi! Penampilannya memang sudah berubah, namun hatinya belum berubah.

Girls, begitu juga dengan manusia. Kita bisa aja menipu sesama dengan berpenampilan yang santun dan modis, memberi parfum pada tubuh, merawat tubuh, atau berkata-kata sopan saat di gereja atau saat bertemu dengan orang-orang penting yang harus kita temui saat bekerja. Namun sejatinya kita nampak saat bersama keluarga, saat bersama teman-teman, atau saat kita sedang terhimpit masalah berat. Kamu pengen tahu mana yang Kristen sejati dan yang bukan? Gampang banget, lihat aja tingkah lakunya sehari-hari di luar gereja saat bergaul dengan orang-orang terdekatnya. Saat kita baca kisah perempuan Kanaan yang percaya, kita bisa melihat contoh nyata perubahan dari dalam keluar. Perempuan ini secara riwayat hidup memang penduduk Kanaan, satu bangsa kelas dua di mata bangsa Israel. Yesus sendiri sebetulnya tidak salah kalau Dia memang nggak mau nyembuhin. Namun saat Yesus melihat iman perempuan itu yang besar, saat itu juga Yesus sembuhkan anaknya. Sikap Yesus berbeda saat menghadapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, Yesus keras kepada mereka karena mereka secara penampilan gagah dan terhormat, tapi hatinya busuk dan nggak mau diubahkan. Oleh karena itu nggak heran Yesus berkali-kali mengecam mereka (Matius 23 : 1 – 36).

Orang yang lahir baru pasti akan mengalami perubahan hidup dari dalam keluar, bukan hanya luarnya aja yang bagus tapi dalamnya tetap aja busuk. Yuk, koreksi diri kita, sudahkah kita bener-bener berubah secara karakter, atau hanya di kulitnya aja kita berubah? • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Senin, 5 November 2012
Pertanyaan    : Apakah keadaan dalam diri saya sudah berubah?
Aplikasi          : Kecantikan yang sejati memancar dari dalam ke luar.
Doa                 : Tuhan, ajar kami mau berubah dari dalam ke luar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar