Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Hormat Pada Tuhan

Baca : Mazmur 8 : 1 – 13
Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. Mazmur (84 : 11)

Pernahkah kamu melihat film-film berlatar belakang kerajaan, dimana sang raja menjadi tokoh utama? Di film semacam Gladiator atau Anna and The King, rakyat jelata dan jenderal-jenderalnya pasti memberikan hormat bahkan bersujud jika bertemu dengan raja. Mereka baru berani menegakkan muka dan berbicara kepada raja jika sudah mendapatkan restu dari raja. Dalam kehidupan nyata, raja atau presiden pun sangat dihormati. Hal ini dibuktikan jika ada seseorang mendapat undangan bertemu presiden atau gubernur. Orang itu pasti akan mempersiapkan diri dengan baik seperti menggenakan pakaian yang pantas, datang tepat waktu, menjaga sikap dan tutur kata.

Sobat Muda, kamu adalah anak yang berkepribadian baik kalau bisa memberikan hormat kepada orang-orang yang ada di sekitarmu. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah kamu juga menghormati Tuhan? Menghormati Tuhan dalam tindakan nyata bisa kita lakukan dalam tindakan yang simple, contohnya saat datang ke gereja. Apakah kita datang ke gereja suka terlambat dan berpakaian seenaknya? Apakah kita ke gereja hanya menggunakan sandal jepit dan kaos oblong? Apakah selama mendengarkan khotbah kita benar-benar menyimak dan merenungkan khotbah itu, atau asyik sendiri dengan hp kita? Kalau selama ini kita bisa begitu hormat kepada manusia, sudah seharusnya kita bisa lebih hormat lagi pada Tuhan yang berkuasa penuh atas hidup kita. Jangan mentang-mentang Tuhan tidak nampak kita berbuat seenaknya dan datang semaunya ke rumah Tuhan alias suka terlambat.

Sobat Muda, Tuhan adalah Raja segala raja yang memiliki seluruh alam semesta, termasuk hidupmu. Sehingga hormati dan tinggikan Dia dalam segala tingkah lakumu. Datang tepat waktu ke gereja, menggenakan pakaian yang sopan, menghormati hamba-hamba Tuhan dan rekan-rekan satu gereja, bersahabat dengan rekan-rekan yang berbeda gereja atau menghargai para pelayan gereja, adalah beberapa contoh tindakan kita menghormati Tuhan. Lakukan itu dalam kehidupan sehari-hari. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Selasa, 13 November 2012
Pertanyaan    : Apakah saya sudah menghormati Tuhan dalam berbagai perkara?
Aplikasi          : Tunjukkan kalau kita menghormati Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar kami menghormati Engkau dalam berbagai perkara. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar