Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Kertas ATM

Baca : Lukas 22 : 7 – 13
Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan atas yang besar yang sudah lengkap, di situlah kamu harus mempersiapkannya." (Lukas 22 : 12)

Saat mendatangi mesin ATM, biasakan untuk menekan tombol informasi saldo sebelum memulai transaksi. Dengan begitu, ketika ATM menanyakan apakah kita ingin mencetak sisa tabungan, kita bisa langsung menekan tombol ″tidak″. Memang kertas yang dikeluarkan ATM ini berukuran kecil. Namun tetap saja, tindakan kita akan sangat menghemat penggunaan kertas (dan pohon). Tak hanya itu, kita pun akan terhindar dari kewajiban membersihkan dompet dari kertas-kertas yang mungkin hanya kita lihat sekali. Lebih baik cetak buku tabungan kita sebulan sekali untuk memantau keuangan.

Sering kali kita meremehkan sesuatu yang sepele karena menganggapnya tidak menimbulkan apapun. Padahal ada banyak perkara sepele yang akan sangat mempengaruhi hal-hal besar yang terjadi dalam hidup kita. waktu hari raya Roti Tidak Beragi tiba, Yesus butuh tempat untuk perjamuan Paskah. Yesus tak punya rumah, oleh karena itu Ia menyuruh kedua murid-Nya pergi mencari rumah sesuai petunjuk yang Ia berikan. Keduanya akhirnya menemukan rumah itu dan diijinkan memakainya. Siapa pemilik rumah itu? Tak ada yang tahu. Tindakannya pun terkesan biasa-biasa saja sehingga banyak di antara kita melupakan si pemilik rumah. Padahal dampak dari tindakannya sangat luar biasa. Di tempat itu Yesus membasuh kaki para murid (Yohanes 12: 1 – 20), memberikan perintah baru (Yohanes 13 :31-35), dan melakukan Perjamuan Kudus yang kini selalu kita peringati.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, marilah kita sama-sama tidak pernah meremehkan tindakan kecil yang berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Latih diri kita setia dalam berbagai tindakan kecil yang berdampak besar di kemudian hari. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Minggu, 18 November 2012
Pertanyaan    : Apakah saya suka meremehkan perkara-perkara kecil?
Aplikasi          : Jangan pernah meremehkan perkara kecil.
Doa                 : Tuhan, ajar kami untuk setia dan tidak meremehkan perkara-perkara kecil dalam kehidupan kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar