Website counter

Jumat, 28 Desember 2012

Hewan Pembuat Bendungan

Baca : II Tesalonika 3 : 1 – 15
Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. (II Tesalonika 3 : 10)

Hewan apa yang bisa membuat bendungan? Berang-berang. Mereka hidup di sekitar sungai dan mencari makan dengan menangkap ikan. Berang-berang membuat rumah berupa bendungan dari kayu dan sampah sungai. Dengan membuat bendungan, ikan lebih mudah ditangkap karena sebagian besar ikan menyukai air yang dalam.

Jagoan Kristus, dari cerita berang-berang kita bisa belajar bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita harus berusaha terlebih dahulu. Memang betul Tuhan menyediakan apapun yang kita butuhkan, namun Tuhan menuntut kita berusaha lebih dahulu. Kalau ingin nilaimu semuanya bagus, kamu harus mau belajar dengan tekun. Kalau kamu ingin bisa naik sepeda, kamu harus mau belajar naik sepeda dan jatuh berulang kali. Kedua orang tuamu bekerja terlebih dahulu, baru mereka mendapatkan upah. Guru-guru di sekolahmu dulu belajar di kampus bertahun-tahun agar hari ini mereka bisa mengajarmu. Rasul Paulus bekerja agar ia bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari sambil terus menginjil.

Kalau kamu nggak mau belajar, kamu nggak akan pintar. Kalau orang tuamu tidak bekerja, mereka tak mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhanmu. Tuhan hanya memberkati anak-anakNya yang berdoa dan bekerja. Sehingga apapun keinginan hatimu saat ini, lakukan kedua hal tadi. Jangan takut cape atau gagal karena semua harapan hanya akan terwujud kalau kita mau terlebih dulu berdoa dan berusaha. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Senin, 19 November 2012
Pertanyaan    : Apakah saya rajin berdoa dan berusaha?
Aplikasi          : Rajin berdoa, belajar, dan berusaha.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk kesempatan saya terus belajar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar