Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Tetap Wartakan

Baca : Lukas 9 : 51 – 56
Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. (Lukas 9 : 55)

Saya sering kali dibuat jengkel, namun juga kagum dengan para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sepanjang jalan Pandanaran, Semarang. Di jalan Pandanaran, ada beberapa toko besar yang menjual bandeng presto, wingko babat, lunpia, dan beberapa jajanan khas Semarang lainnya. Para wisatawan dari luar kota maupun luar negeri sering mampir ke tempat ini untuk membeli, dan para PKL diberi izin untuk berjualan produk yang sama dengan harga lebih murah. Nah, setiap kali ada orang lewat, mereka pasti menawari. Dalam beberapa kesempatan saat saya membawa sanak keluarga dari luar kota membeli oleh-oleh, hampir semua PKL menawari. Menganggu memang, namun akhirnya ada saudara yang membeli. Para pedagang ini tahu tidak semua orang akan membeli dagangan mereka. Mereka pun sedih kalau orang menolak, namun mereka tetap menawari siapa pun yang lewat dengan ramah.

Hamba Tuhan, kalau hari ini kita sedang sedih karena sering mengalami penolakan saat mengajak orang kenal Tuhan, jangan patah semangat, apalagi marah dan mengutuk. Yesus merasakan apa yang kita rasakan. Waktu Yesus hendak menginjili orang Samaria, Yesus kirimkan beberapa utusan mendahului Dia. Hasilnya? Orang-orang Samaria menolak Dia. Yakobus dan Yohanes panas hati saat tahu hal ini sehingga mereka minta izin pada Tuhan untuk menyuruh api turun dari langit. Yesus tak mau mengabulkan dan justru menegur mereka. Yesus punya kuasa untuk membinasakan, namun Yesus tidak melakukannya karena mengasihi orang Samaria. Yesus lalu pergi ke desa lain.

Tetaplah semangat mewartakan kabar baik kepada siapapun yang kita temui, karena pasti akan ada orang yang mau terima Yesus dan diselamatkan. Kalau para PKL di jalan Pandanaran saja selalu optimis memasarkan dagangannya, kita pun hendaknya selalu optimis mengajak sebanyak mungkin orang mengenal kebenaran Tuhan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Penuai – Senin, 20 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apakah aku tetap semangat menginjil sekalipun sering ditolak?
Aplikasi          : Tetap semangat mewartakan Injil sekalipun sering menerima penolakan.
Doa                 : Tuhan, tetap kuatkan aku saat mengalami penolakan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar