Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Iklan

Baca : Markus 6 : 6b – 13
Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar. (Markus 6 : 6b)

Saat nonton tv, kita melihat iklan. Saat mendengarkan radio, kita mendengar iklan. Saat melakukan perjalanan, di sepanjang jalan kita melihat iklan. Iklan ada di mana-mana, dan tahukah kamu bahwa iklan sudah ada sejak 3.200 SM? Pada tahun itu, iklan pertama adalah nama raja yang diberikan pada kuil-kuil yang sedang dibangun di Mesir. Selanjutnya, iklan berbentuk pengumuman di atas papyrus yang dibawa lari oleh para budak. Pada tahun 3000 SM, iklan berkembang di masyarakat Babilonia. Bentuknya berupa papan nama di atas toko yang menggunakan lambang, karena jaman itu orang masih buta huruf. Misalnya toko ikan, menggunakan lambang ikan, toko anggur menggunakan lambang semak anggur.

Iklan lalu berkembang lagi pada tahun 1500 SM menggunakan jasa tukang teriak. Para pedagang pasar menyewa orang-orang yang mampu berteriak dengan suara lantang untuk mempromosikan barang dagangannya dan membujuk pembeli mampir. Mirip tukang obat zaman sekarang. Tahun 1440, iklan berkembang secara massal melalui media cetak seperti poster dan selebaran karena sudah ditemukan mesin cetak. Pada tahun 1652, iklan muncul di koran. Di jaman sekarang, iklan ada di mana-mana dan mudah sekali kita temukan.

Jagoan Kristus, Yesus pun dahulu beriklan untuk mengabarkan keselamatan. Yesus bersama para murid berkeliling dari desa ke desa sambil mengajar. Yesus tak menginjil sendirian, namun ia mengutus kedua belas murid berdua-dua dan memberi mereka kuasa. Dari penginjilan mereka, banyak orang sakit disembuhkan dan setan-setan diusir (ayat 13). Kamu pun bisa menjadi juru iklannya Tuhan dengan menceritakan siapa Yesus, apa saja yang diperbuatNya, dan apa pengaruh Yesus dalam hidupmu kepada teman-temanmu yang belum tahu siapa Yesus. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Minggu, 26 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apa yang sudah aku lakukan untuk mewartakan kabar baik?
Aplikasi          : Ceritakan siapa Yesus itu melalui tutur kata dan perbuatan kita.
Doa                 : Bantu aku Tuhan agar berani menceritakan kabar baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar