Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Masalah Adalah Berkat

Baca : Kisah Para Rasul 6 : 1 – 7
Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya. (Kisah Para Rasul 6 : 7)

Bagi kita yang memelihara anjing, kita tentu tidak suka kalau tubuh anjing kita ada kutunya. Kita kurang nyaman melihat anjing menggaruk-garuk tubuhnya karena kegatalan. Biasanya kita bergegas membeli shampo anti kutu dan memandikannya. Namun, tahukah kita bahwa kutu sebetulnya berguna buat anjing? Flecher Spruce menulis sebuah artikel berjudul ″Semua Anjing Membutuhkan Kutu.″ Ia bisa menulis hal ini karena setelah mengadakan penelitian, ia mendapati anjing yang memilki kutu cenderung aktif karena ia selalu sibuk menggaruk. Sementara anjing yang tidak berkutu cenderung pasif dan malas. Artinya kutu dibutuhkan anjing untuk tetap waspada, aktif, dan terjaga.

Hamba Tuhan, saya percaya semua kita pasti tak ingin punya masalah dalam hidup. Andaikata ada masalah pun, kita berharap masalah itu yang ringan-ringan. Namun, masalah berat pasti akan muncul dan kita dituntut menghadapi dan menyelesaikannya. Kalau ada beberapa di antara kita memandang negatif masalah, cobalah kita melihat masalah itu adalah berkat. Mengapa? Karena kita bisa gunakan masalah itu sebagai alat untuk bertumbuh dan memaksimalkan diri. Saat jemaat mula-mula berdiri dan semakin banyak orang dimenangkan, masalah mulai muncul. Orang-orang Yahudi berbahasa Yunani mulai komplain kepada para rasul. Para rasul menghadapi masalah itu dengan cara yang positif. Mereka berunding dan memilih tujuh orang. Para rasul bisa fokus pada pelayanan mereka (ayat 4) dan tujuh orang terpilih fokus pada pelayanan janda-janda (ayat 6). Hasilnya firman Tuhan makin tersebar dan jumlah murid bertambah banyak (ayat 7).

Apapun bentuk masalah yang Tuhan ijinkan terjadi dalam pelayanan kita, jangan pernah marah atau protes pada Tuhan. Pandang masalah yang kita hadapi dengan positif, sehingga kita mampu menghasilkan solusi positif dan menuai hasil yang positif. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Penuai – Senin, 13 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apakah aku pernah mengeluh saat menghadapi masalah?
Aplikasi          : Jangan pernah protes kepada Tuhan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku melihat masalah dengan cara pandang positif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar