Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Berprestasi

Baca : Daniel 1 : 1 – 21
Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi. (Daniel 1 : 17)

Perjuangan Richard Akira Heru (14) selama 2½ bulan meninggalkan bangku sekolah dan jauh dari keluarga membuahkan hasil yang manis. Dia berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Junior Internasional atau 7th International Junior Science Olympiad pada 1 – 11 Desember 2010 di Abuja, Nigeria. Dalam olimpiade tersebut, Indonesia mengirim 12 pelajar untuk bersaing dengan pelajar-pelajar dari 33 negara. Hasilnya, tim Indonesia mendapatkan 3 medali emas, 5 medali perak, dan 4 medali perunggu. International Junior Science Olympiad adalah ajang kompetisi tahunan bidang ilmu pengetahuan alam, mencakup mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia, dan Matematika usia 15 tahun atau setingkat SMP.

Sobat Muda, kalau ingin berhasil dalam bidang apapun, mau tidak mau kamu harus kerja cerdas, tak hanya kerja keras. Tak ada prestasi terbaik bisa diraih dengan cara-cara yang biasa. Pengalaman Richard kiranya melecut dirimu untuk tak mau menjadi seorang remaja yang biasa-biasa aja, namun jadilah remaja yang luar biasa dalam bidang apapun yang kamu kuasai. Sehingga apa yang kamu lakukan tak hanya mengharumkan nama ortu dan sekolahmu, namun juga mengharumkan nama negara Indonesia dan Tuhan yang kamu sembah. Kalau kamu hari ini jago fisika, jangan hanya puas jadi juara kelas, namun terus tingkatkan pengetahuanmu sehingga kamu bisa menang dalam berbagai lomba fisika. Jika kamu jago merancang program komputer, jangan hanya puas menjadi juara di sekolahmu, namun beranilah mengadu ilmu dengan anak sekolah lain sehingga pengetahuanmu berkembang dan kamu terpacu untuk membuat program komputer yang lebih baik lagi.

Anggaplah persaingan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan membuat kamu hebat sehingga kamu kelak bisa mengikuti jejak Daniel dan ketiga rekannya. Mereka tak hanya diangkat menjadi pegawai raja, namun juga menjadi orang-orang terbaik pada jaman raja Nebukadnezar karena tekun belajar. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Anak Muda – Rabu, 8 Agustus 2012
Pertanyaan    : Prestasi apa saja yang ingin aku ciptakan?
Aplikasi          : Jangan takut bersaing.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tidak takut bersaing. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar