Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Rimpang Jahe

Baca : Roma 12 : 1 – 8
Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. (Roma 12 : 6)

Rimpang jahe (zingiber officinale) atau jahe, dikenal sebagai bahan minuman wedang ronde, atau sebagai bumbu penyedap masakan, contohnya kari ayam. Jahe muda bisa dimakan mentah sebagai lalapan, sedangkan yang tua sebagai bahan olahan produk makanan. Sebagai bahan ramuan, jahe berkhasiat obat karena mengandung senyawa kelompok fenol sebagai unsur utama yang memberi rasa pedas. Jahe berkhasiat mencegah infeksi pada luka, antiradang rematik arthritis, menurunkan kadar kolesterol, dan antitumor. Minuman jahe yang diminum wanita bisa menambah aliran susu, mengurangi radang kandungan setelah melahirkan dan memperbaiki menstruasi yang tidak teratur. Namun wanita hamil sebaiknya tidak minum minuman jahe karena bisa mengakibatkan keguguran.

WANITA, Tuhan menciptakan setiap tumbuhan agar berguna bagi manusia, salah satunya jahe sebagai tumbuhan obat. Sebagai manusia, Tuhan pun membekali kita karunia agar satu sama lain bisa saling memberkati. Ada yang diberi karunia bisa mengobati sehingga bisa menjadi dokter, bidan, atau tabib. Ada yang diberi karunia menyanyi, ada yang diberi karunia memasak, ada yang diberi karunia membersihkan, ada yang diberi karunia merawat, ada yang diberi karunia menulis, ada yang diberi karunia memimpin, dan sebagainya. Pertanyaannya, sudahkah kita menggali dan menggunakan talenta itu dengan benar? Atau kita menyalahgunakan talenta itu untuk mencelakai orang lain.

WANITA, jahe bila dikomsumsi orang yang tepat bisa mendatangkan kesembuhan, tapi bisa juga mencelakakan. Apapun talenta kita saat ini, mari gunakan talenta itu dengan benar. Berkatilah sebanyak mungkin orang dengan talenta yang kita punya sehingga nama Tuhan dimuliakan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 8 Agustus 2012
Pertanyaan    : Sudahkah aku menggali dan menggunakan talentaku dengan benar?
Aplikasi          : Gunakan talenta dengan benar.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menggunakan karunia yang Engkau berikan dengan benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar