Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Praktikkan

Baca : Yakobus 2 : 14 – 26
Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? (Yakobus 2 : 14)

Beruang makan sebanyak-banyaknya lalu tidur selama musim dingin dan terjaga kala musim semi, namun tetap dengan tubuh gempalnya. Kupu-kupu berawal dari ulat gendut yang secukupnya menyantap dedaunan, menyelimuti tubuh menjadi kepompong. Keduanya berpuasa namun beda hasilnya. Mengapa? Sederhana, karena kupu-kupu menggunakan cadangan makanannya untuk bertumbuh, sedangkan beruang memilih tidur alias tidak melakukan apapun.

Girls, hari ini ada banyak orang gemuk pingin kurus namun selalu gagal. Puasa juga udah, namun juga gagal. Rahasia kita kurus sebetulnya sederhana, porsi makan dijaga sambil dibarengi olahraga teratur. Lambat tapi pasti berat tubuh akan berkurang. Puasa kita percuma kalau nggak pernah olahraga, karena kalori yang ada tidak diolah sehingga menjadi lemak. Hal yang sama berlaku juga dalam hal rohani. Nggak salah kita belajar Alkitab dengan tekun, aktif ke gereja dan pelayanan, tahu banyak hal tentang Tuhan. Namun semuanya itu akan percuma kalau kita nggak pernah praktek. Orang-orang yang belum mengenal Tuhan akan melihat kita seperti tong kosong yang nyaring bunyinya karena tidak menghidupi ilmu pengetahuan yang kita punya. Alkitab pun dengan jelas menulis sia-sia kita punya iman kalau nggak dibarengi perbuatan.

Hidup kita akan dilihat indah seperti ulat yang bermetamorfosis jadi kupu-kupu kalau semua pengetahuan akan Tuhan yang kita, dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan hanya menimbun pengenalan akan Tuhan untuk diri sendiri, namun hidupi itu dalam segala perbuatan kita setiap waktu. • Richard T.G.R

Catatan            : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Rabu, 8 Agustus 2012
Pertanyaan      : Seberapa banyak aku mempraktekkan firman Tuhan?
Aplikasi           : Selalu praktekkan firman Tuhan.
Doa                 : Ajar aku menjadi pelaku firmanMu, Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar