Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Sang Merah Putih

Baca : Lukas 7 : 11 – 17
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yesaya 9 : 5)

Apa lambang negara Indonesia? Burung Garuda dan bendera Merah Putih. Di dunia internasional, bendera adalah lambang negara yang umum dipakai. Banyak peraturan yang berhubungan dengan cara mengibarkan atau memperlakukan bendera, yang semuanya bertujuan untuk menghormati negara. Inilah beberapa peraturan tentang bendera negara.

Bendera harus selalu dikibarkan dengan sisi kanan di atas, kecuali digunakan sebagai tanda keadaan darurat. Bendera lain tidak boleh dikibarkan di atas bendera nasional pada tiang yang sama. Kalau bendera nasional dibawa dalam prosesi dengan bendera lain (yang bukan bendera nasional) maka bendera nasional harus selalu berada di barisan sebelah kanan. Bendera harus dinaikkan dengan cepat saat fajar, dan diturunkan perlahan-lahan saat senja. Hormat harus diberikan saat dinaikkan atau diturunkan. Bendera tidak boleh digunakan sebagai penutup atau pembungkus, kecuali untuk menutupi peti mati. Bendera tak boleh menyentuh tanah. Bendera dapat dikibarkan setengah tiang sebagai tanda berkabung. Dalam kasus itu, bendera harus dinaikkan dulu ke puncak tiang, baru diturunkan perlahan-lahan. Tidak boleh membakar atau menginjak-injak bendera negara.

Jagoan Kristus, kalau bendera adalah lambang negara, salib adalah lambang Kristus. Saat kita memakai segala sesuatu yang berhubungan dengan salib seperti gantungan kunci salib, kalung salib, atau salib yang kita pasang di dinding, dalam tindakan nyata berarti kita harus meneladani cara hidup Yesus yang telah mati bagi kita. Yesus tidak membeda-mbedakan dalam berteman, Yesus mengampuni orang yang menyalibkan-Nya, Yesus mudah jatuh iba melihat kesulitan orang lain, Yesus suka menolong. Memakai kalung salib atau tidak, yuk kita melakukan apa yang Yesus sudah lakukan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Sabtu, 18 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apakah aku menghormati Kristus?
Aplikasi          : Lakukan apa yang Kristus lakukan.
Doa                 : Tuhan, ajar aku meneladani tindakanMu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar