Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Excellence

Baca : Kisah Para Rasul 3 : 1 – 10
Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" (Kisah Para Rasul 3 : 6)

Excellence adalah sebuah tindakan yang lebih dari biasa. Bukan cuma penampilan yang dapat dilihat manusia, niat dalam hati dan pikiran manusia, tetapi suatu keutuhan yang lahir dari sikap hati, pikiran, kata-kata dan tindakan yang bersumber pada roh yang telah diperbaharui (Roma 12:2). Excellence berarti menjadi yang terbaik dari diri kita; menyelaraskan potensi dengan kinerja kita.

Ketika seorang laki-laki yang lumpuh sejak lahirnya meminta sedekah pada Petrus dan Yohanes yang datang ke Bait Allah, ia tidak mendapatkan sedekah yang ia mau. Petrus memberikan sesuatu yang lebih bernilai daripada sedekah yaitu kesembuhan. Petrus bisa memberikan kesembuhan pada si lumpuh selain karena kuasa Roh Kudus, juga karena mau melakukan satu tindakan yang lebih dari biasa. Kalau orang lain hanya bisa sekedar memberikan uang serelanya pada si lumpuh, ia berikan kesembuhan sehingga si lumpuh itu tak perlu mengemis lagi dan tak perlu tiap-tiap hari orang menggusungnya ke Bait Allah.

Lalu bagaimana caranya kita menjadi pribadi excellence yang memuliakan Tuhan sekaligus bisa memberikan sesuatu yang lebih baik kepada sesama? Lakukan dengan totalitas. Kita tidak hanya memberikan tanggung jawab dalam bertindak, namun juga dibarengin dengan sikap memberikan kualitas yang terbaik. Kalau orang lain bekerja hanya demi dapat gaji, kita harus bekerja lebih daripada itu yaitu untuk menolong sebanyak mungkin orang dan hasil pekerjaan kita memberikan manfaat maksimal pada orang yang menerimanya. Hasil terbaik hanya datang pada orang yang melakukan tindakan terbaik. Pilihlah hal-hal terbaik yang ingin kita raih saat ini dan tentukan prioritasnya sehingga perlahan tapi pasti kita akan menghasilkan berbagai tindakan terbaik. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Minggu, 12 Agustus 2012
Pertanyaan    : Sudahkah aku menjadi pribadi excellence?
Aplikasi          : Lakukan segala sesuatu dengan totalitas.
Doa                 : Tuhan, bantu kami untuk bisa melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar