Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

Terus Belajar

Baca : Yakobus 1 : 2 – 8
Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, -- yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit --, maka hal itu akan diberikan kepadanya. (Yakobus 1 : 5)

Allan Stewart (97) dari Tea Gardens, New South Wales, Australia menjadi sarjana tertua dunia setelah meraih gelar Master of Clinical Science dari Southern Cross University, New South Wales. Gelar keempatnya ini memecahkan rekor Guiness World yang ia cetak sendiri pada 2006, saat meraih gelar hukum dari University of New England dalam usia 91 tahun. Setelah itu ia melanjutkannya dengan Doctor of Dental Surgery dari Northwestern University di Chicago dan membuka praktik sebagai dokter gigi di London, Sydney dan pedalaman New South Wales.

Gelar keempat ini, bagi Stewart, merupakan penutup. Ia sudah puas dan akan menggantung semua toganya. “Jangan beralasan terlalu tua untuk belajar. Tak ada kata terlambat untuk menambah wawasan, bertemu kawan baru dan menantang diri anda untuk meraih sesuatu yang layak,” ujarnya. Salah satu dosennya di Southern Cross University, Sonie Brownie mengatakan, Stewart umumnya belajar secara korespondensi online dengan kemampuan manajemen waktu yang baik.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, jangan pernah berhenti belajar sampai kapan pun karena ilmu pengetahuan selalu mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Tuhan secara tersirat juga mengajar kita untuk selalu belajar, dengan meminta hikmat jika kita kekurangan hikmat. Caranya? Dengan belajar. Berapa pun usia kita saat ini, tak ada istilah pensiun untuk belajar karena kita sudah lulusan sarjana atau sudah pensiun dari dunia kerja dan menikmati hari tua. Belajar tak mengenal usia. Belajarlah senantiasa karena itu menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Dengan terus meningkatkan pengetahuan, hidup kita akan semakin banyak dipakai oleh Tuhan untuk menjadi berkat bagi sesama. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Selasa, 21 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apakah aku suka belajar?
Aplikasi          : Jangan pernah berhenti belajar.
Doa                 : Tuhan, ajar kami untuk tidak pernah berhenti belajar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar