Website counter

Kamis, 30 Agustus 2012

One Way, Yesus

Baca : Yohanes 14 : 1 – 14
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. (Yohanes 14 : 3)

Selama hampir satu tahun ini saya mengajar privat seorang anak yang ortunya cukup memiliki kedudukan di Kota Semarang. Saya bisa kenal karena salah seorang teman yang dahulu mengajarnya pindah keluar kota dan meminta bantuan saya mengantikan posisinya. Nah, semula saya sama sekali tak kenal ortunya, untuk masuk rumahnya pun sulit karena dijaga ketat oleh polisi dan ada kamera pengintai di mana-mana, namun saya bisa masuk dan berkenalan dengan ortunya. Bahkan dalam beberapa kesempatan mereka membantu saya. Apa rahasianya? Apa karena saya orang penting, apa karena saya kaya, atau karena saya punya jabatan? Enggak, saya hanya orang biasa, namun saya bisa kenal mereka karena terlebih dahulu kenal anaknya saat mengajar.

Girls, ada banyak orang pikir kita semua bisa masuk sorga karena kita lebih rohani atau lebih baik daripada orang lain. Karena kita rajin baca Alkitab, karena kita aktif ke gereja, karena kita sibuk pelayanan ini dan itu, karena kita nggak pernah absen doa, karena kita banyak banyak beramal, maka kita pantas masuk sorga. Padahal, kita semua sesungguhnya nggak layak, sebaik apapun kita berusaha. Kita bisa masuk sorga karena kemurahan Tuhan semata. Para murid Yesus pernah tanya pada Yesus gimana caranya pergi ke tempat Yesus pergi. Yesus jawab bahwa melalui diri-Nya seorang aja kita bisa pergi. Artinya, Bapa di sorga sudi mengijinkan kita tinggal di rumah-Nya kelak, kalau Yesus kenal kita dan kita kenal Yesus.

Pertanyaannya adalah, sudahkah kita mengenal Yesus atau hanya sekedar tahu Yesus? Apakah kita menuruti maunya Yesus, atau kita menuruti maunya daging kita? Sudahkah kita memikul salib (melawan kedagingan) atau kita memuaskan hawa nafsu? Sorga bisa kita tinggali kelak karena Yesus semata, bukan karena segala kebaikan kita. Balaslah cinta kasih Yesus dengan kita menuruti apapun perintah-Nya dan jaga hati kita tetap setia kepada-Nya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Minggu, 19 Agustus 2012
Pertanyaan    : Apakah aku mengenal Yesus?
Aplikasi          : Turuti segala perintah-Nya.
Doa                 : Bentuk hatiku agar selalu mematuhi perintah-Mu, Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar