Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Tahu Terima Kasih

Baca : Yohanes 9 : 1 – 41
Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya." (Yohanes 9 : 36)

Liviu Lebrescu, adalah profesor matematika dari Virginia Tech yang terkenal lewat riset aeronotikanya. Di bulan April 2007, ia tewas diterjang peluru dalam tragedi penembakan yang terjadi di kampusnya. Namun, dalam peristiwa itu Lebrescu menyelamatkan para mahasiswanya dengan menghadang si penembak di depan pintu ruang kuliah, dan menyuruh para mahasiswa menyelamatkan diri melalui jendela. Setelah kematiannya, beberapa mahasiswa yang selamat mengirimkan e-mail kepada Marlena, istri Lebrescu, untuk mengungkapkan terima kasih mereka. Namun lebih banyak yang tidak memberikan ucapan terima kasih.

Ada peristiwa menarik saat Yesus menyembuhkan seorang buta yang buta sejak lahirnya. Setelah orang buta ini disembuhkan dengan cara yang terbilang tak lazim (ayat 6) dan membasuh dirinya di kolam Siloam, orang ini sembuh. Namun saat ia dibawa ke hadapan orang-orang Farisi, justru terjadi perdebatan karena ia disembuhkan pada hari sabat. Waktu ia ditanya di manakah Yesus, ia menjawab tidak tahu. Singkat cerita akhirnya ia berjumpa Yesus dan langsung sujud menyembah Dia. Ia memang pada akhirnya dikucilkan oleh orang-orang Yahudi karena terang-terangan mengaku percaya Yesus (ayat 22), namun ia diterima dengan sukacita di samping Tuhan. Hari ini kita semua sudah diselamatkan, namun sudahkah kita berterima kasih kepada Tuhan dengan melakukan apapun yang Tuhan suruh, sekalipun dunia akan mengucilkan kita? Berani terang-terangan mengaku kita murid Yesus di daerah yang sama sekali tidak memberikan kita kebebasan untuk menyembah-Nya merupakan wujud nyata kita punya iman. Ada banyak saudara seiman yang tinggal di daerah konflik berani mengaku mereka murid Yesus dan dikucilkan, namun mereka tidak pernah mengeluh dan tetap semangat.

WANITA, pujilah Tuhan kalau hari ini kita tinggal di wilayah yang memberikan kebebasan beragama, sehingga gunakan kebebasan itu untuk serius melakukan firman Tuhan, bukannya kembali main-main dengan dosa dan lupa bawa Yesus sudah menebus kita dengan nyawa-Nya. Jangan pernah takut dikucilkan karena kita mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Sabtu, 25 Mei 2013
Pertanyaan    : Apa yang sudah kita lakukan untuk berterima kasih kepada Tuhan?
Aplikasi          : Jangan pernah mengeluh.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mengaku bahwa aku murid-Mu melalui perbuatanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar