Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Jangan Tunda

Baca : Galatia 6 : 1 – 10
″Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.″ (Galatia 6 : 9)

Penghargaan Pulitzer Prize 1994, jatuh pada foto seorang gadis yang menangis kelaparan dan merangkak kelelahan menuju kamp pengungsian PBB yang berjarak 1 kilometer dari tempatnya. Ia telanjang dan kurus, sementara di belakangnya ada burung pemakan bangkai.  Foto itu diambil di Sudan, Afrika Utara, Maret 1993, oleh seorang wartawan bernama Kevin Carter. Ia sempat nunggu 20 menit agar burung itu pergi, tapi ia akhirnya mengambil foto gadis itu karena burung itu tidak kunjung pergi. Lalu ia pergi. Begitu fotonya dipublikasikan harian "New York Times", redaksi menerima banyak telepon menanyakan kabar gadis itu. Dua bulan setelah menerima Pulitzer, Kevin mati bunuh diri karena dihantui pemandangan itu.

Youthers, jangan pernah menunda menolong seseorang yang bisa kamu tolong karena kamu akan mengalami penyesalan yang kadang tidak bisa diobati. Memang butuh pengorbanan baik waktu, tenaga, pikiran, dan uang saat kita bantu orang lain yang lagi gawat keadaannya, namun itu sangat jauh lebih baik dari pada kita pura-pura nggak tahu dan berharap orang lain aja deh yang tolong. Selagi Tuhan masih memberikan kita waktu, gunakan waktu itu buat menolong sebanyak mungkin orang, terutama kawan-kawan kita seiman, karena satu hari kelak pasti kita akan menuai hasil perbuatan baik kita. Tidak ada istilah sia-sia kamu bantu orang, karena Tuhan pasti membalas kebaikanmu. Jadilah pribadi yang memiliki kepedulian meski tak semua orang menghargai kepedulianmu.

Lebih baik kamu merugi namun hidup tanpa penyesalan, dari pada kamu mendapat keuntungan namun hidup dalam penyesalan. Hidup kita berguna buat orang sekeliling kita, gunakan waktu yang ada untuk berbuat baik kepada semua orang  dan tidak menunda-nunda saat orang lain minta bantuan kepada kita. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Youth – Sabtu, 11 Mei 2013
Pertanyaan    : Apakah saya selama ini menjadi orang yang peduli?
Aplikasi          : Jangan menunda-nunda mengasihi orang lain.
Pray                : Bapa, bentuk hati kami agar mampu mengasihi seperti diri-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar