Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Berpikir Kreatif

Baca : Yohanes 6 : 1 – 15
"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" (Yohanes 6 : 9)

Cobalah buat 9 titik di atas kertas dengan formasi 3 kali 3. Lalu, mulailah menarik sebuah garis yang dapat menghubungkan semua titik itu tanpa mengangkat pena dan setiap titik hanya boleh dilewati sekali. Bisa? Kalau tidak ikuti petunjuk berikut. Taruh pena di titik paling bawah sebelah kiri. Dari situ, tariklah sebuah garis miring ke atas melewati titik di tengah dan kemudian berhenti di titik paling atas sebelah kanan. Lalu, tarik pena ke kiri hingga menembus kedua titik di sebelah kirinya. Terus tarik pena itu hingga menembus titik paling atas sebelah kirinya. Berhentilah pada jarak secukupnya, sehingga membentuk sudut yang simetris saat Anda meneruskan perjalanan pena miring ke bawah hingga menembus titik tengah sebelah kiri dan titik tengah sebelah bawah. Lagi, berhentilah pada jarak secukupnya hingga cukup simetris saat Anda menarik garis itu ke atas menembus titik bawah dan tengah sebelah kiri sebelum pena Anda berhenti pada titik sebelah kanan. Selesai.

Sahabat Riang kadang kita perlu berpikir di luar kebiasaan jika menghadapi satu masalah yang belum pernah terjadi. Jangan biarkan masalah dan keadaan yang ada membatasi pikiran untuk menemukan solusi baru yang kreatif. Ketika lima ribu orang berkumpul dan Yesus berniat memberi mereka makan, Yesus menguji respon murid-Nya dengan bertanya dimanakah kita akan membeli roti. Filipus langsung hitung-hitungan dan dia merasa duit dua ratus dinar pun tak cukup. Andreas berhasil menemukan anak yang membawa 5 roti dan 2 ikan, tapi ia berkata apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini. Mereka lupa ada Yesus yang bisa melakukan mujizat.

Apapun masalah rumit kita siang ini, mari tenangkan diri, berdoa pada Tuhan, dan berpikir kreatif. Pasti kita akan menemukan solusi yang tepat. Jangan biarkan masalah yang mengguasai kita, namun kitalah yang harus mengguasai masalah. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Siang – Selasa, 21 Mei 2013
Pertanyaan    : Apakah saya seseorang yang berpikir kreatif?
Aplikasi          : Kuasai masalah.
Doa                 : Tuhan, ajar kami mengguasai masalah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar