Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Orang Hilang

Baca : Lukas 19 : 1 – 10
Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." (Lukas 19:10)

Dalam beberapa kesempatan saat istirahat makan siang, saya menyempatkan diri melihat acara berita kriminal di salah satu stasiun TV. Di akhir acara berita itu, akan ditayangkan berita orang hilang. Salah satu berita yang tertulis di layar kaca kurang lebih seperti ini : nama : Richard, Alamat : Semarang, Jenis kelamin : laki-laki, dst. Kadang ada juga ciri khusus misalnya ia menderita keterbelakangan mental atau kakinya timpang sebelah. Saat saya renungkan hal ini, saya menyadari bahwa keluarga si orang hilang pasti sangat mengasihinya. Mereka mau susah payah minta bantuan TV dan keluar ongkos mahal. Mereka juga mungkin menghubungi pihak kepolisian. Dan pasti ada beberapa anggota keluarga rela berjalan kaki ke sana kemari sambil bertanya-tanya pada warga perihal si orang hilang.

WANITA, saya sangat percaya jika ada anggota keluarga yang kita cintai hilang, pasti kita akan mencarinya dan meminta bantuan berbagai pihak, walaupun maaf kata ia menyusahkan kita, seperti ia menderita keterbelakangan mental. Bagaimana dengan Tuhan? Tuhan juga melakukan hal yang sama. Buktinya adalah kita sendiri. Kita semua adalah manusia berdosa dan sebetulnya tak pantas dicari dan diberi pengampunan. Namun ribuan tahun lalu Tuhan rela mati dan memuridkan banyak orang agar kita semua yang hidup di jaman sekarang pun menerima pengampunan dan kasih. Waktu ada banyak orang bersungut-sungut kepada Yesus karena makan di rumah Zakheus, Yesus secara tersirat tegur mereka dengan berkata Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Kalau hari ini pendeta kita sedang berusaha memenangkan orang berdosa dengan rutin melakukan kunjungan ke rumahnya atau mau menerima seseorang yang terkenal pendosa untuk beribadah di gereja kita, jangan buru-buru memusuhi pendeta dengan mengatakan ia sahabat orang berdosa dan tak mau membantunya. Yesus pun sahabat orang berdosa, sehingga bantu pendeta kita dengan mau menerima orang berdosa itu dan membantunya kembali ke jalan yang benar. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 31 Januari 2013
Pertanyaan    : Bagaimana sikap saya kepada orang yang menurut kita jahat?
Aplikasi          : Kasihilah orang jahat.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mengasihi orang yang belum diselamatkan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar