Website counter

Jumat, 31 Mei 2013

Rahasia Tidur Nyenyak

Baca : Mazmur 4 : 1 – 9
Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. (Mazmur 4 : 9)

Romo Mangunwijaya dalam buku berjudul RAGAWIDYA (Religiositas Hal-Hal Sehari-hari) mengungkapkan sisi-sisi spiritualitas dari kegiatan tidur. Menurutnya, tidur merupakan sumber iman dan kepercayaan kepada Tuhan. Ia menulis: Manusia yang tertidur lelap tanpa rasa khawatir adalah manusia yang kaya akan anugerah. Sebab dalam tidur, kita sungguh sudah tak kuasa lagi atas diri kita. Tidur merupakan sikap penyerahan total pada segala apa pun yang dapat berbuat macam apa pun terhadap kita. Oleh karena itu, manusia yang tidur, secara langsung atau tidak langsung, sadar atau tidak sadar, sudah menyatakan kepercayaannya kepada semesta alam dan sesama manusia. Dalam keadaan tidur, kita tidak lagi melihat, tapi dilihat. Tidak lagi mendengar, tapi didengar. Tidak lagi menghidupi tapi dihidupi.

Sahabat ReMa, jika selama ini kita mengalami kesulitan saat tidur, rahasia sederhana untuk kita bisa tidur nyenyak adalah bersyukur atas segala anugerah Tuhan dan menyerahkan diri dalam genggaman tangan kasih-Nya. Daud mampu beristirahat dengan nyenyak sekalipun dalam kesesakan karena dia meminta kelegaan pada Tuhan. Daud yang pernah mengalami masa-masa sulit saat menjadi buronan Saul, dikhianati anak kandungnya sendiri, maupun menjadi raja sebuah bangsa yang tegak tengkuk, ternyata tetap mampu beristirahat karena dia berserah kepada Tuhan. Setiap kita pasti punya masalah dan kadang masalah yang timbul begitu berat sehingga kita sakit kepala dan tidak bisa langsung mengambil keputusan, namun bukan berarti kita lalu membawa masalah itu ke pembaringan. Jangan rusak tubuh kita dengan tidak mampu tegas pada diri sendiri untuk memutuskan waktunya tidur adalah tidur, dan waktunya berpikir adalah berpikir.

Setiap masalah dan kesulitan pasti ada solusinya, sehingga mari kita menenangkan pikiran sebelum tidur. Tuhan akan selalu menjaga kita sehingga kita tetap aman dalam situasi terburuk sekalipun. Katakanlah kita tetap ditimpa hal yang terburuk, Tuhan pasti punya rencana yang indah dibalik keburukan itu. Kuasailah pikiran Anda, maka Anda bisa gunakan waktu istirahat malam ini dengan maksimal dan diselimuti rasa aman. • Richard

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Malam – Selasa, 21 Mei 2013
Pertanyaan    : Apakah saya selalu tidur nyenyak?
Aplikasi          : Menenangkan pikiran sebelum tidur.
Doa                 : Tuhan, ajar kami mampu menguasai pikiran kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar